Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peta Pulau Jawa, Letak Astronomis-Geografisnya Secara Lengkap

Zeoiz - Pulau Jawa merupakan salah satu pulau terbesar di Indonesia yang memiliki letak astronomis-geografis yang unik dan penting. 

Letak astronomis-geografis ini sangat berpengaruh terhadap kondisi iklim, topografi, dan kebudayaan yang ada di pulau ini. Dalam artikel ini, kita akan mengulas letak astronomis-geografis Pulau Jawa secara lengkap dengan menggunakan peta yang akan ditampilkan. 

Peta ini akan menunjukkan posisi geografis Pulau Jawa di Indonesia dan Asia Tenggara, serta batas-batas pulau dan laut yang mengelilinginya. Kita juga akan membahas bagaimana letak astronomis-geografis Pulau Jawa mempengaruhi kondisi iklim, topografi, dan kebudayaan yang ada di pulau ini.

Letak Astronomis Pulau Jawa 

Letak astronomis adalah letak suatu daerah berdasarkan koordinat lokasinya pada garis lintang dan garis bujur. Secara astronomis, Pulau Jawa terletak di antara 7°50′10″ - 7°56′41″ Lintang Selatan (LS) dan 113°48′10″ - 113°48′26″ Bujur Timur (BT). 

Letak Geografis Pulau Jawa Letak geografis adalah letak suatu daerah berdasarkan posisinya dimuka bumi yang biasanya dibatasi dengan berbagai kenampakan alam tau nama daerah. Letak geografis Pulau Jawa meliputi beberapa batas laut dan batas daratnya. 

Batas laut Pulau Jawa meliputi

  1. Sebelah utara: Laut Jawa 
  2. Sebelah selatan: Samudera hindia 
  3. Sebelah timur: Selat Bali 
  4. Sebelah barat: Selat Sunda 

Batas darat Pulau Jawa

  1. Sebelah utara: Pulau Kalimantan 
  2. Sebelah selatan: Kepulauan Cocos (Australia) 
  3. Sebelah timur: Pulau Bali 
  4. Sebelah barat: Pulau Sumatera

Kondisi Geografis Pulau Jawa

Secara geografis, Pulau Jawa memiliki sejumlah gunung berapi yang berjajar dari timur ke barat. Gunung-gunung dan dataran tinggi di sepanjang pulau memisahkan wilayah pedalaman menjadi beberapa kawasan yang relatif terpencil. 

Kawasan tersebut kemudian digunakan sebagai area persawahan atau pedesaan yang mengandalkan profesi cocok tanam. Bentuk permukaan dan kondisi wilayahnya dinilai sangat strategis untuk dijadikan sentral bidang pertanian. 

Mengutip buku Ilmu Pengetahuan Sosial untuk Kelas VII SMP oleh Mamat Ruhimat, jalur perhubungan utama di Pulau Jawa adalah sungai-sungai yang sebagian besar alirannya relatif pendek. Hanya ada dua sungai yang cocok untuk jalur perhubungan jarak jauh, yaitu Sungai Brantas dan Sungai Bengawan Solo.

Luas Wilayah


Pulau Jawa merupakan wilayah terluas kelima di Indonesia dan pulau terbesar ke-13 di dunia. Luas wilayahnya diperkirakan mencapai 128,297 km2. Luas tersebut dibagi menjadi enam provinsi yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, dan Banten.

Batas Laut

  1. Utara: Laut Jawa
  2. Timur: Selat Bali
  3. Selatan: Samudra Hindia
  4. Barat: Selat Sunda

Batas Daratan

  1. Utara: Pulau Kalimantan
  2. Timur: Pulau Bali
  3. Selatan: Kepulauan Cocos (Australia)
  4. Barat: Pulau Sumatera

Pantai

  1. Pantai Pangandaran
  2. Pantai Carita
  3. Pantai Siung
  4. Pantai Menganti
  5. Pantai Ombak Mati
  6. Pantai Karang Agung
  7. Pantai Tanjung Lesung
  8. Pantai Klayar
  9. Pantai Anyer
  10. Pantai Parangtritis

Laut dan Selat

  1. Laut Jawa
  2. Samudra Indonesia
  3. Selat Sunda

Dataran Rendah

  1. Dataran Rendah Surakarta
  2. Dataran Rendah Semarang
  3. Dataran Rendah Madiun

Pegunungan

  1. Gunung Ciremai, Jawa Barat
  2. Gunung Papandayan, Jawa Barat
  3. Gunung Salak, Jawa Barat
  4. Gunung Tangkuban Perahu, Jawa Barat
  5. Gunung Sindoro, Jawa Tengah
  6. Gunung Sumbing, Jawa Tengah
  7. Gunung Merbabu, Jawa Tengah
  8. Gunung Merapi, Jawa Tengah
  9. Gunung Prau, Jawa Tengah
  10. Gunung Lawu, Jawa Timur
  11. Gunung Ijen, Jawa Timur
  12. Gunung Argopuro, Jawa Timur
  13. Gunung Semeru, Jawa Timur


Penutup

Secara keseluruhan, Peta Pulau Jawa menunjukkan letak astronomis-geografis yang cukup kompleks. Dengan sejumlah gunung berapi yang berjajar dari timur ke barat, serta dataran tinggi yang memisahkan wilayah pedalaman menjadi beberapa kawasan yang relatif terpencil, Pulau Jawa memiliki potensi yang luar biasa untuk bidang pertanian dan perkebunan. 

Jalur perhubungan utama di Pulau Jawa juga cukup unik, dengan sungai-sungai yang sebagian besar alirannya relatif pendek. Namun, hanya ada dua sungai yang cocok untuk jalur perhubungan jarak jauh, yaitu Sungai Brantas dan Sungai Bengawan Solo. 

Dengan mempelajari Peta Pulau Jawa secara lengkap, kita dapat mengetahui potensi dan karakteristik geografis yang dimiliki oleh pulau ini, serta memahami bagaimana ia dapat menjadi salah satu wilayah yang cukup penting dalam sejarah dan perkembangan Indonesia. Semoga bermanfaat


Posting Komentar untuk " Peta Pulau Jawa, Letak Astronomis-Geografisnya Secara Lengkap"