Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengembalikan Indra Perasa dan Penciuman dengan Mudah

Zeoiz - Indra perasa dan penciuman merupakan dua hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Keduanya memainkan peran besar dalam membantu kita mengenali dan menikmati makanan, aroma, dan suara sekitarnya. 

Sayangnya, kadang-kadang indra ini bisa mengalami masalah dan membutuhkan perawatan. Namun, tenang saja, ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengembalikan indra perasa dan penciuman.

A. Mengenal Indra Perasa

Manusia memiliki lima panca indra, salah satunya adalah indra perasa yang diwakili oleh lidah. Lidah tidak hanya memiliki fungsi untuk merasakan makanan, tetapi juga membantu dalam proses mengunyah makanan sebelum dicerna. Karena ini, lidah termasuk dalam sistem pencernaan. Selain itu, lidah juga membantu dalam proses berbicara agar suara terdengar jelas. 

Saat sakit atau terkena benda panas, indra perasa bisa menurun dan fungsi lidah pun terpengaruh, sehingga kemampuan merasakan makanan berkurang dan bahkan bicara pun terganggu. Lidah berwarna merah jambu dan tidak memiliki tulang.

Bagian-bagian lidah 

Di bawah ini merupakan 5 bagian dari lidah :

1. Belakang lidah 

Bagian lidah ini terletak di bagian mulut paling belakang. Belakang lidah terletak di dekat tenggorokan dan tidak bisa bergerak. Bagian ini menempel dengan tulang rahang bawah dan tulang hyoid. 

2. Badan lidah 

Badan lidah mengambil porsi hingga dua per tiga total lidah manusia. Badan lidah memiliki banyak fungsi dan dapat bergerak bebas.  

3. Apex atau ujung lidah 

Sama seperti badan lidah, ujung lidah juga bebas bergerak. Letak bagian ini ada di paling ujung depan lidah. 

4. Dorsum 

Bagian ini melengkung dan sedikit lebih naik dibanding bagian lidah lainnya. Dorsum memiliki bentuk seperti huruf V yang biasa disebut sulkus terminalis. 

5. Bagian bawah lidah 

Bagian ini terlihat saat kita mengangkat lidah. Di bagian ini terdapat banyak pembuluh vena. Beberapa obat kadang diberikan di bagian ini karena lebih cepat terserap.

Berikut Penyebab Hilangnya Indera Perasa

  1. Covid-19, seringkali disertai dengan hilangnya penciuman
  2. Sakit flu
  3. Mengalami sinusitis atau infeksi saluran napas atas
  4. Gangguan pada saraf lidah
  5. Riwayat minum atau makan makanan yang panas
  6. Iritasi pada lidah

Untuk menangani masalah tersebut, kita harus mengetahui penyebabnya. Jika sakit flu, harus diterapi dengan obat flu sehingga indra perasa kembali normal. Disarankan untuk melakukan pemeriksaan dengan dokter spesialis saraf untuk mengetahui penyebab pastinya dan menangani masalah secara lebih baik.

Berikut Adalah Beberapa Cara untuk Memulihkan Indra Perasa

  1. Menghindari makan atau minum yang panas
  2. Rutin konsumsi sayuran dan buah-buahan
  3. Menghindari penggunaan penyedap atau penguat rasa yang berlebihan
  4. Menggunakan rempah-rempah tradisional untuk memberikan rasa alami pada makanan
  5. Mengatasi iritasi pada lidah bila ada sariawan atau luka
  6. Konsumsi vitamin yang mengandung vitamin B, seperti Vitamin B Complex.


B. Mengenali Indra Penciuman

Indra penciuman adalah salah satu dari lima indra yang dimiliki manusia. Berperan dalam mendeteksi bau atau aroma, indra penciuman memainkan bagian penting dalam sistem panca indra manusia. Namun, kemampuan menghidu dapat terganggu jika indra penciuman tidak dijaga dengan baik.

Setiap benda, makanan, atau gas memiliki struktur kimia unik. Saat zat kimia tersebut tercium atau terhirup, sel saraf sensoris khusus bernama sel olfaktori di hidung akan mendeteksinya. Kemudian, sel saraf di hidung akan mengirimkan sinyal bau ke otak untuk diterjemahkan. Melalui proses inilah kita dapat mencium aroma atau bau suatu benda.

Cara Mengembalikan Indra Penciuman yang Hilang

Jika Anda mengalami kehilangan kemampuan penciuman, tidak perlu khawatir. Anda bisa melakukan beberapa penanganan di rumah dengan mudah dan efisien. Berikut 5 di antaranya.

1. Melatih Penciuman

Salah satu langkah awal untuk mengatasi gejala anosmia adalah dengan melatih penciuman. Caranya dengan menghirup aroma dan bau secara perlahan selama 20 detik, lakukan 3 kali sehari selama 6 minggu. 

Pilih benda yang memiliki aroma dan bau yang khas sebagai latihan, tetapi hindari benda dengan aroma yang busuk seperti sampah dan karet terbakar, karena dapat merusak indra penciuman.

Berikut beberapa aroma yang bisa Anda gunakan:

  • Daun Mint
  • Jeruk
  • Minyak kayu putih
  • Mawar
  • Cengkih
  • Vanilla

2. Mengonsumsi Jahe

Aroma jahe juga bisa digunakan untuk memulihkan indra penciuman. Anda bisa menggunakan jahe bubuk atau mentah untuk melatih penciuman. 

Anda juga bisa mengonsumsi teh jahe sebagai pengobatan alami anosmia. Caranya adalah dengan menggunakan teh celup jahe yang sudah jadi atau membuat sendiri dari jahe mentah.

Kupas dan potong-potong jahe, lalu didihkan satu sendok makan jahe mentah dengan dua cangkir air panas selama 15 menit. Untuk hasil terbaik, konsumsi minuman ini secara rutin.

3. Mengonsumsi Bawang Putih 

Cara mengembalikan indra penciuman adalah dengan mengonsumsi bawang putih. Ini karena bawang putih memiliki sifat antivirus yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Dengan rutin mengonsumsi bawang putih, indra perasa yang hilang pada jalur napas dan rongga mulut dapat kembali pulih.

Berikut cara mudah mengolah bawang putih yang bisa Anda lakukan di rumah:

  • Hancurkan 4-5 siung bawang putih, lalu campurkan ke dalam air mendidih.
  • Rebus selama 2 menit, masukkan sedikit garam.
  • Minumlah saat masih panas. Lakukan dua kali dalam sehari agar indra penciuman Anda normal kembali.

4. Mengonsumsi Cabai

Kandungan vitamin C dan capsaicin dalam cabai ternyata juga dapat meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu, rempah yang satu ini juga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi indra penciuman, serta membersihkan hidung tersumbat. 

Untuk memulihkan kondisi tubuh yang terpapar virus Covid-19, pastikan Anda mencampur cabai ke dalam secangkir air, lalu tambahkan madu. 

5. Membersihkan Saluran Hidung

Membersihkan dalam hidung atau saluran hidung juga merupakan cara yang efektif untuk memulihkan indra penciuman.

Gunakan larutan air garam untuk membantu memperbaiki indra penciuman Anda. Selain itu, Anda juga bisa membersihkan hidung dengan menggunakan nasal spray. Gunakan dengan cara menyemprotkan dalam jumlah yang sedikit. Ini juga dapat dilakukan jika Anda mengalami sinusitis atau polip hidung.


Penutup

Dalam artikel ini kita telah membahas beberapa cara efektif untuk mengembalikan indra perasa dan penciuman. Dari mengonsumsi bawang putih secara rutin, hingga membersihkan dalam hidung dengan larutan air garam atau nasal spray. 

Semua cara tersebut mudah dilakukan dan bisa membantu memulihkan indra perasa dan penciuman Anda dengan cepat. Jadi, jangan ragu untuk menerapkan salah satu cara tersebut jika mengalami masalah dengan indra perasa dan penciuman Anda. 

Terapkanlah cara mengembalikan indra perasa dan penciuman dengan mudah agar Anda dapat segera menikmati sensasi indra perasa dan penciuman yang normal kembali.

Posting Komentar untuk " Cara Mengembalikan Indra Perasa dan Penciuman dengan Mudah"