Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuka HP yang Lupa Sandi dengan Mudah

Zeoiz - Pernahkah Anda mengalami situasi ketika tidak bisa membuka HP karena lupa sandi? Jangan khawatir, ada beberapa cara mudah untuk membuka HP yang lupa sandi. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa metode yang dapat membantu Anda membuka HP Anda kembali dengan mudah.

Pengertian Kata Sandi

Saat akan membuat akun atau masuk ke akun Dream, biasanya kamu akan disuguhi dengan dua kolom yang harus diisi dengan username dan password. Namun, tahukah kamu apa sebenarnya yang dimaksud dengan password?

Password adalah sekumpulan karakter yang digunakan untuk mengauthentikasi pengguna pada sistem komputer. 

Atau dapat juga disebut sebagai kode rahasia yang dimasukkan oleh pengguna untuk mendapatkan akses masuk ke berbagai sistem, seperti server jaringan, aplikasi, file, dan lainnya.

Dengan adanya kata sandi inilah yang bermanfaat untuk memberikan keamanan pada akun maupun file sahabat Dream. 

Sehingga tidak ada orang lain selain kamu yang membukanya atau melakukan hal-hal tidak bertanggung jawab di dalamnya.

Fungsi Kata Sandi

Ketahui pengertian password memang penting, namun tak kalah penting untuk mengetahui berbagai fungsi dari password tersebut. Dengan mengetahui fungsi-fungsinya, kamu bisa terdorong untuk membuat password yang sulit ditebak dan terlindung dari orang lain. Oleh karena itu, sebagai sahabat Dream, penting bagi kamu untuk memahami berbagai fungsi password.

Untuk menjaga keamanan data-data pribadi di media sosial, sangat penting bagi kamu sebagai sahabat Dream untuk mengganti password secara berkala. Ini akan membantu mengurangi risiko peretasan yang merugikan bagi privasi data pribadimu. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menjadwalkan pergantian password secara rutin dan mempersiapkan password baru yang kuat, sahabat Dream.

Berikut adalah beberapa fungsi dari kata sandi yang rutin kamu kamu ganti:

  1. Meningkatkan keamanan informasi dan akun yang diproteksi.
  2. Mencegah agar peretas tidak melakukan akses secara berkala.
  3. Membatasi akses yang diperoleh logger keystroke.
  4. Adanya batasan pelanggaran ke beberapa akun.
  5. Mengurangi potensi penggunaan kata sandi yang disimpan.

Jenis-jenis Kata Sandi

Secara umum, kedua jenis password sering ditemukan pada aplikasi-aplikasi keuangan. Hal ini dikarenakan aplikasi-aplikasi tersebut membutuhkan keamanan yang sangat ketat. Berikut adalah penjelasan mengenai kedua jenis password tersebut:

1. 2FA (Two Factor Authentication)

2FA adalah metode keamanan cyber yang membutuhkan dua tahap autentikasi sebelum akses data dapat dilakukan. Tahap pertama adalah password, sedangkan tahap kedua adalah kode khusus yang dikirimkan melalui perangkat tertentu.

Jadi, dengan mengaktifkan 2FA, seseorang yang berhasil mendapatkan username dan password milik orang lain, maka belum tentu bisa untuk melakukan akses karena tidak memiliki kode khusus untuk mengkofirmasi.

2. MFA (Multi Factor Authentication)

Kemudian MFA adalah cara yang dilakukan untuk mencegah peretas mendapatkan akses ke akun email. Dengan autentikasi multifaktor, maka akun email tidak bisa dengan mudahnya dilakukan akses, kecuali jika memiliki dua informasi.

Cara Membuka HP yang Lupa Sandi dengan Mudah

Lupa kata sandi pada HP merupakan hal yang biasa terjadi. Walau kata sandi sering digunakan setiap hari, terkadang masih terlupakan. Jangan khawatir, ada beberapa cara untuk membuka HP jika lupa sandi. Ingin tahu bagaimana? 

Berikut beberapa Cara Membuka HP yang Lupa Sandi dengan Mudah :

1. Cara Membuka Sandi HP yang Lupa dengan Google Find My Device

Salah satu cara untuk membuka password HP yang lupa adalah dengan menggunakan Google Find My Device. Fitur ini tidak hanya berguna untuk menemukan HP atau perangkat yang hilang, tapi juga dapat menjadi solusi alternatif untuk masalah lupa password pada HP.

Untuk melakukannya, seperti ketika menemukan HP yang hilang, Anda harus memilih untuk menghapus informasi pada perangkat HP Anda. Ini akan mengembalikan sistem dan data pada HP ke kondisi semula. Cara ini efektif, tetapi memiliki risiko kehilangan data dan foto yang disimpan di memori HP. Berikut adalah cara membuka password HP yang lupa dengan menggunakan Google Find My Device.

1) Akses Google Find My Device dari browser PC atau laptop.

2) Setelah itu, kalian akan mendapatkan identifikasi dari HP kalian, seperti nama, lokasi terakhir, dan prosentase baterai.

3) Kemudian, pilih opsi Erase Device.

4) Lalu, ikuti setiap langkah dan petunjuk yang muncul. Hingga, kalian masuk ke laman login Google.

5) Login dengan akun Google yang terdaftar di HP.

6) Secara otomatis, HP akan tersetel dalam keadaan baru. Setelah itu, kalian bisa memasang kata sandi baru yang lebih mudah diingat.

2. Manfaatkan Google Smart Lock

Cara lain adalah dengan menggunakan fitur Google Smart Lock. Fitur ini hanya tersedia pada perangkat dengan sistem operasi Android 5.0 atau yang lebih baru.

Google Smart Lock akan membantu Anda membuka layar kunci secara otomatis. Namun, perlu diingat bahwa fitur ini harus terhubung dengan Wifi, smartwatch, atau peramban Chrome untuk dapat bekerja.

Dengan menggunakan fitur Google Smart Lock, maka Anda hanya perlu menyambungkan HP ke perangkat atau jaringan yang Anda miliki setiap lupa kata sandi yang digunakan pada lockscreen.

3. Menggunakan Fitur Safe Mode

Cara lain untuk membuka password HP yang lupa adalah dengan mengaktifkan fitur mode aman. Namun, hanya bisa digunakan jika Anda menggunakan layar kunci dari pihak ketiga, bukan dari bawaan HP. Karena saat masuk mode aman, aplikasi pihak ketiga tidak akan berfungsi. Berikut adalah langkah-langkah menggunakan fitur mode aman untuk membuka HP yang lupa password.

1) Untuk masuk safe mode, tekan tombol power beberapa saat hingga muncul opsi "power off.

2) Setelah itu, pilih dan tahan opsi power off.

3) Kemudian, akan muncul opsi reboot ke safe mode. Pilih, Okay.

4) Ketika sudah masuk di safe mode, kalian bisa langsung meng-uninstall aplikasi tersebut, kemudian restart lagi HP kalian. Dengan begitu, kalian bisa masuk perangkat tanpa harus memasukkan kata sandi lagi.

4. Lakukan Factory Reset

Jika beberapa cara sebelumnya tidak berhasil membuka password HP, solusi terakhir yang bisa dilakukan adalah melakukan reset HP ke pengaturan bawaan pabrik atau Factory Reset. 

Meskipun melakukan Factory Reset akan menghapus semua data yang ada di HP, termasuk data dari memori internal, namun ini adalah solusi yang paling efektif dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Tata cara Factory Reset tergantung pada jenis dan merek smartphone yang dimiliki. Oleh karena itu, Anda bisa mencari tahu cara yang sesuai dengan merek dan jenis HP melalui mesin pencari Google.

Atau mungkin Anda bisa mencoba menggunakan beberapa langkah yang ada di bawah ini.

  1. Matikan HP yang tidak bisa dibuka.
  2. Menyalakan kembali HP tersebut dengan menekan tombol up + home + power atau tombol volume up + power secara bersamaan.
  3. Gunakan tombol volume agar bisa melakukan pemilihan menu Wipe Data atau Factory Reset.
  4. Tekan tombol power agar bisa melakukan pemilihan.
  5. Gunakan menu Reboot system now dan nantinya HP akan kembali ke keadaan baru.

5. Menggunakan ADB untuk Menghapus Password yang Terlupa

Kelima, kalian juga bisa coba cara membuka sandi HP yang lupa menggunakan ADB. Untuk melakukannya, kalian perlu menghubungkan HP dengan laptop atau PC. Sehingga, kalian juga harus memastikan kelengkapan lain seperti USB. Berikut adalah langkah-langkahnya.

1) Sambungkan HP dengan laptop atau PC menggunakan kabel USB.

2) Setelah itu, buka program Command Prompt, dengan cara mengetikkan perintah CMD adb shell rm /data/system/gesture.key

3) Setelah masuk ke direktori instalasi ADB, lakukan reboot smartphone.

4) Dengan begitu, kata sandi di lockscreen secara otomatis tidak akan berlaku lagi.

5) Kalian bisa segera ganti kata sandi HP sebelum melakukan proses reboot berikutnya.


Nah itulah ulasan mengenai Cara Membuka HP yang Lupa Sandi dengan Mudah, semoga bisa dengan mudah kalian pahami dan menambah wawasan buat kalian. Terima kasih

Posting Komentar untuk " Cara Membuka HP yang Lupa Sandi dengan Mudah"