Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengganti Nama Airdrop di Iphone Secara Lengkap

Zeoiz - Airdrop adalah fitur berguna yang memungkinkan pengguna iPhone untuk berbagi file dengan mudah melalui koneksi Wi-Fi dan Bluetooth. 

Namun, jika Anda ingin mengganti nama Airdrop, tidak perlu khawatir. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengganti nama Airdrop di iPhone.

Apa Itu AirDrop?


AirDrop adalah fitur yang memungkinkan transfer data antara perangkat Apple secara cepat melalui jaringan WiFi dan Bluetooth. 

Ini berarti kamu dapat mentransfer data dari iPhone ke perangkat Apple lain tanpa harus menggunakan kabel seperti aplikasi seperti Send Anywhere, Share Me, SHARE IT, dan lain-lain yang mampu mentransfer file dengan sangat cepat.

AirDrop akan menggunakan Bluetooth untuk membuat jaringan WiFi peer-to-peer antara perangkat Apple. Setiap perangkat akan membuat firewall koneksi untuk menjamin bahwa data yang dikirimkan terproteksi dengan enkripsi. 

Ini memastikan bahwa data yang dikirim antar perangkat Apple tetap aman. Harap diperhatikan bahwa kedua perangkat yang akan bertukar data harus sudah mengaktifkan fitur AirDrop bersama-sama.

Jika fitur AirDrop diaktifkan, maka Bluetooth dan WiFi akan menyala secara otomatis. Ini karena Bluetooth akan membuat koneksi antar perangkat, sedangkan WiFi akan menjadi jembatan untuk mentransfer data. 

Kecepatan transfer data menggunakan WiFi sangat tinggi, hingga 2 Gbps, berkali-kali lebih cepat dibandingkan Bluetooth yang hanya mencapai 50 Mbps. Oleh karena itu, AirDrop memanfaatkan koneksi WiFi dan Bluetooth untuk tujuan yang berbeda.

Airdrop Itu Apa Gunanya?

AirDrop adalah fitur milik Apple yang mempermudah pengiriman dan penerimaan foto atau dokumen antar perangkat Apple. Ini menggunakan sistem konektivitas mirip dengan Bluetooth dan memungkinkan transfer file multimedia dengan mudah. Seiring waktu, fitur ini juga digunakan untuk transfer password antar komputer.

AirDrop adalah fungsi yang hadir baik di iPhone , iPad , iPod Touch dan juga di Mac .

  1. Hal yang Perlu Dipertimbangkan
  2. Sebelum menggunakan AirDrop, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk memastikan kinerja yang optimal.
  3. Bluetooth dan WiFi harus diaktifkan pada perangkat pengirim dan penerima.
  4. Kedua perangkat harus berada dalam jarak yang cukup dekat, biasanya beberapa meter saja.
  5. Ingatlah guna AirDrop bahwa jika Anda akan mentransfer file dengan AirDrop ke pengguna lain, ini harus menerima penerimaan file dari pengguna yang tidak ada dalam kontak. Ini harus diingat jika ID -Apple Anda tidak ada dalam daftar kontak mereka.
  6. Jika Anda ingin melakukan transfer antar perangkat dari properti yang sama, Anda harus ingat bahwa di kedua komputer Anda harus masuk dengan ID Apple yang sama.

Cara ganti nama AirDrop di iPhone. 

Berikut adalah tutorial untuk mengganti nama AirDrop di iPhone dan produk Apple lainnya, seperti yang diterangkan di laman resmi iPhone https://support.apple.com/id-id/HT204144, yang mudah diikuti:

1. Cara Ganti Nama AirDrop di iPhone

Berikut adalah tutorial untuk mengubah nama AirDrop di iPhone, menurut laman resmi Apple Support:

  • Klik ikon gerigi roda untuk membuka menu "Pengaturan".
  • Pilih opsi "Umum".
  • Kemudian pilih opsi "Mengenai" pada kolom "Nama".
  • Sekarang, Anda bisa mengganti nama AirDrop iPhone lama dengan nama baru.

2. Cara Ganti Nama AirDrop iPad

  • Mengubah nama AirDrop iPad sebenarnya mempunyai cara yang mirip dengan di iPhone.
  • Pertama, Anda bisa klik ikon gerigi roda untuk mengakses menu “Pengaturan”.
  • Selanjutnya klik opsi “Umum”.
  • Jika sudah, klik pilih opsi “Mengenai" dan Anda akan melihat opsi “Nama”.
  • Terakhir, silahkan ganti nama AirDrop iPad lama Anda dengan yang baru.

3. Cara Ganti Nama AirDrop Macbook

  • Klik ikon Apple yang berada di layar “home” Macbook Anda. Cara ini berlaku untuk semua tipe Macbook, ya.
  • Setalah itu, pilih menu “System Preferences”.
  • Lalu, Anda bisa langsung klik menu “Sharing”.
  • Di bagian kolom “Computer Name”, ganti nama AirDrop Macbook lama Anda dengan yang baru.

Itu dia penjelasan tentang tutorial cara ganti nama AirDrop di iPhone dan produk Apple lainnya. Terbilang sangat mudah, bukan?

Cara menggunakan AirDrop di iPhone 

Cara menggunakan AirDrop di iPhone yang pertama adalah memastikan telah login Apple ID (akun pengguna perangkat Apple) terlebih dahulu. Selanjutnya, memastikan bahwa koneksi WiFi dan Bluetooth telah aktif. 

Memastikan WiFi dan Bluetooth telah aktif di iPhone bisa dilakukan dengan membuka menu pengaturan cepat. Caranya, usap layar bagian atas ke bawah, lalu lihat ikon WiFi dan Bluetooth telah berwarna biru, sebagai pertanda dua koneksi itu aktif. 

Kemudian, sebelum mulai mengirim via AirDrop, pastikan pula iPhone atau perangkat Apple lain sebagai penerima file telah mengaktifkan WiFi dan Bluetooth. 

Setelah dua koneksi tersebut aktif di kedua perangkat, pengiriman file via AirDrop bisa dilakukan, dengan cara sebagai berikut: 

  1. Buka file yang ingin dikirim, contohnya seperti foto.
  2. Kemudian, buka menu “Bagikan” dengan klik ikon tanda panah atas. 
  3. Setelah itu, pilih opsi berbagi file via AirDrop.
  4. iPhone bakal mendeteksi nama perangkat Apple lain atau penerima.
  5. Klik nama penerima sebagai target pengiriman file via AirDrop; 
  6. Di perangkat penerima, bakal muncul notifikasi untuk mengizinkan pengiriman file itu; 
  7. Setelah diizinkan, file bakal dikirim dan diterima oleh iPhone lain. 

Dalam hal pendeteksian nama perangkat, AirDrop bisa diatur untuk dimatikan, hanya dapat terbaca oleh kontak, atau bisa terbaca oleh semua pengguna. Untuk mengatur visibilitas AirDrop, caranya adalah sebagai berikut: 

  • Buka menu pengaturan perangkat di iPhone
  • Selanjutnya, pilih menu “Umum” atau “General”
  • Lalu, pilih opsi “AirDrop”.

Di opsi tersebut, bakal muncul pengaturan visibilitas AirDrop dengan pilihan tindakan seperti yang dijelaskan di atas.

Kirim kata sandi dengan AirDrop

AirDrop tidak hanya digunakan untuk berbagi dokumen atau foto, namun sudah terus mengupdate fitur-fiturnya. 

Salah satunya adalah kemampuan berbagi password, yang bisa sangat berguna jika kita ingin membagikan akun dengan orang lain dan ingin mereka memiliki informasi nama pengguna dan kata sandi pada key chain.

Untuk melakukan ini, cukup masukkan gantungan kunci kata sandi iCloud, klik pada login tertentu dan buat klik panjang pada kata sandi atau pengguna. Di menu yang muncul di bagian atas pilih ‘AirDrop …’ dan Anda dapat membagikan kata sandi ini dengan aman .

Apa Keuntungan menggunakannya di iPhone

Dengan menggunakan AirDrop pada iPhone, kita bisa menemukan banyak keuntungan. Salah satunya adalah mudah untuk mengirimkan file atau dokumen ke orang lain atau ke komputer kita sendiri tanpa perlu menggunakan layanan email atau pesan. 

Kita bisa mengirimkan semua jenis dokumen dengan satu sentuhan dengan kecepatan super cepat. Karena kita berada dalam ekosistem Apple, ada hal yang lebih baik daripada menggunakan alat yang diberikan oleh Apple untuk bekerja dengan berbagai perangkat Apple lainnya.

Jika kita telah mengambil foto seseorang dan ingin memberikannya kepada mereka dengan kualitas terbaik, kita hampir harus membuang sistem pengiriman pesan. Inilah sebabnya mengapa pengiriman melalui AirDrop adalah opsi yang paling menarik dan juga tercepat.


Penutup

Dalam artikel ini, kita telah membahas bagaimana mengganti nama AirDrop pada iPhone secara lengkap dan mudah. 

Langkah-langkah yang diberikan sangat jelas dan mudah untuk diikuti, sehingga Anda dapat menyelesaikan tugas dengan cepat dan efisien. 

Terlepas dari seberapa sering Anda menggunakan AirDrop, memiliki nama yang sesuai dan mudah diingat pasti akan membuat pengalaman Anda lebih baik. Jadi, cobalah untuk mengikuti tutorial ini dan pastikan AirDrop Anda berfungsi dengan baik. Semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk " Cara Mengganti Nama Airdrop di Iphone Secara Lengkap"