Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengikat Tali Sepatu Wanita Terbaru dan Kekinian

Zeoiz - Tali sepatu merupakan bagian penting dari sepatu yang memastikan kenyamanan dan keamanan saat berjalan. 

Tak hanya untuk laki-laki, wanita juga memerlukan cara mengikat tali sepatu yang tepat. Dalam era modern ini, gaya mengikat tali sepatu wanita tidak hanya harus praktis tetapi juga kekinian. 

Berikut ini adalah cara mengikat tali sepatu wanita terbaru dan kekinian yang bisa kamu coba.

Mengenai Tali Sepatu

Tali sepatu adalah bagian penting dari sepatu yang memastikan kenyamanan dan keamanan saat digunakan. Mulai dari sepatu lari, sepatu boot, sneakers, hingga alas kaki lain memerlukan tali sepatu. Tali sepatu terdiri dari dua buah tali yang masing-masing untuk satu sepatu dan di ujungnya terdapat bagian kaku yang disebut aglet.

Tali sepatu biasanya melewati berbagai lubang, loop, atau pengait yang terdapat pada kedua sisi sepatu. Menyingkirkan tali sepatu membuat sepatu terbuka lebar dan mempermudah pemasangan atau pengambilan kaki dari dalam sepatu.

Dengan mengikat tali sepatu dan mengencangkannya, kaki akan terikat dengan kuat di dalam sepatu. Tali sepatu dapat dibentuk dengan berbagai gaya, semuanya tergantung pada kreativitas pribadi. Untuk mempelajari cara mengikat tali sepatu, baca informasi berikut.

Jenis-jenis Tali Sepatu

Saat ini, tali sepatu tidak hanya satu jenis saja, ada beberapa jenis dari tali sepatu. Kamu mungkin melihat tali sepatu tidak memiliki perbedaan, namun tali sepatu ada jenis-jenisnya. Berikut jenis-jenis tali sepatu yang ada saat ini.

1. Tali Sepatu Rawhide

Pasti kamu pernah melihat tali sepatu jenis rawhide pada lingkungan alam liar dan mungkin ada beberapa sepatu yang memilikinya. Rawhide atau kulit mentah adalah kulit yang belum diolah, sehingga memiliki tekstur kasar. Tali sepatu ini biasanya dipakai pada sepatu mokasin atau perahu. Dari segi ketahanan, sulit untuk mengalahkan tali sepatu jenis ini, namun tentu saja tidak merupakan pilihan yang elegan di pasaran.

Mungkin tali sepatu jenis rawhide kurang cocok untukmu, terutama jika memiliki masalah dengan mengikat tali sepatu. Rawhide memiliki sifat yang kurang elastis dibandingkan dengan jenis tali sepatu lainnya. Kuat, klasik, dan cocok untuk banyak pilihan sepatu outdoor, rawhide bisa sedikit merepotkan.

2. Flat Cotton

Flat cotton atau tali katun sangatlah murah dan mudah diganti. Biasanya, perusahaan Converse menggunakan tali katun ini pada kebanyakkan sepatu kets nya. Tali katun juga mudah dibersihkan, yang mana merupakan sebuah keuntungan mengingat betapa kotornya sepatu kets karena sepatu ini paling sering dipakai untuk kegiatan sehari-hari.

3. Round Cotton

Banyak sepatu menggunakan tali katun, bukan hanya sepatu kets. Tetapi untuk sepatu yang lebih berat, tentunya membutuhkan renda yang lebih berat. Tali jenis round cotton atau tali katun bundar lebih sering terlihat pada sepatu kulit. Tali katun bundar hampir terlihat seperti kawat dari jarak jauh.

4. Flat Waxed

Tali lilin datar atau flat waxed sering terlihat pada sepatu Service Boots. Terlepas dari sisa lengket yang mungkin menempel pada tangan, tali ini memperkuat sepatu dan menjamin tahan terhadap cuaca ekstrem. Meskipun lilin dapat membuat tali terasa lebih rapuh, hal ini bisa membuat pemakainya kesulitan dalam memasang dan melepaskannya.

5. Raided Nylon

Tali nilon bercabang sangat kuat dan biasanya digunakan pada sepatu bot untuk pekerjaan berat. Sepatu bot untuk hiking, sepatu bot salju, bahkan sepatu bot yang digunakan oleh pasukan militer, semuanya menggunakan tali ini. Nilon sangat tahan air dan cuaca, sehingga menjadi pilihan yang lebih baik dibandingkan jenis tali sepatu lainnya.

6. Paracord

Paracord memiliki inti dalam yang sangat kuat dan dapat menampung berat hingga 250 kg. Tali jenis ini sering digunakan untuk menahan pasukan terjun payung dari parasut mereka sejak Perang Dunia II.


Cara Mengikat Tali Sepatu Wanita Terbaru dan Kekinian

Jika Kalian sedang mencari referensi tentang cara mengikat tali sepatu, di bawah ini adalah beberapa inspirasi yang bisa diikuti.

1. Tali Sepatu Gaya Straight Bar


Cara membiasakan tali sepatu yang pertama adalah gaya straight bar atau tiang lurus. Gaya ini sangat sesuai untuk sepatu yang memiliki lubang pasangan jumlah genap. 

Karena, gaya straight bar memungkinkan Anda untuk memasang tali sepatu beberapa kali sehingga ujung-ujungnya bertemu di tengah dan dapat dikaitkan menjadi satu.

Berikut caranya:

  • Masukkan tali sepatu ke dalam lubang tali pertama dengan ujung di bawah.
  • Tarik kedua ujungnya untuk memastikan ujung tali sepatunya rata.
  • Masukkan ujung kiri tali sepatu lurus ke atas, tetapi di bagian dalam, lalu lurus di bagian luar.
  • Lalu masukkan kedua ujungnya lurus ke atas, masing-masing melewati satu lubang dan muncul 2 lubang lebih tinggi.
  • Ulangi 2 langkah terakhir sampai mencapai lubang tali sepatu terakhir.

2. Tali Sepatu Gaya Ladder

Cara membiasakan tali sepatu berikutnya adalah gaya tangga atau teknik tangga. Meskipun agak rumit dibandingkan cara sebelumnya, namun ini akan memberikan ikatan yang kuat sehingga tidak mudah lepas. 

Selain itu, cara membiasakan tali sepatu gaya tangga juga akan memberikan tampilan yang unik pada sepatu Anda.

Inilah langkah-langkahnya:

  • Masukkan tali sepatu ke dalam lubang tali pertama dengan ujung di bawah.
  • Tarik kedua ujungnya untuk memastikan ujung tali sepatunya rata.
  • Masukkan ujung talinya lurus ke samping dan melalui rangkaian lubang tali berikutnya (lebih tinggi).
  • Masukkan ujung talinya lurus, tetapi di bawah bagian vertikal di sisi yang berlawanan.
  • Teruslah masukkan tali sepatu lurus ke atas dan ke dalam melalui rangkaian lubang tali berikutnya yang lebih tinggi.
  • Ulangi 2 langkah terakhir sampai mencapai lubang tali sepatu terakhir.

3. Tali Sepatu Gaya One Handed

Cara membiasakan tali sepatu gaya satu tangan sangat sesuai untuk sepatu dengan lubang tali kecil atau bentuk tali sepatu yang tebal. 

Caranya juga sangat mudah, terutama jika dibandingkan dengan gaya tangga yang disebutkan sebelumnya. Model tali sepatu ini juga sedikit lebih longgar dibandingkan gaya membiasakan tali sepatu lainnya.

  • Ikat simpul penghenti di sudut atas sepatu dengan satu ujung tali sepatu.
  • Jalankan ujung yang tidak diikat dari dalam lubang atas lainnya dan tarik sampai simpulnya menempel pada lubangnya.
  • Zig-zag tali sepatu melalui lubang tali ke bagian bawah sepatu.
  • Selipkan ujung yang longgar ke dalam tali untuk menghindari menginjaknya.

4. Tali Sepatu Gaya Cross

Kalian juga bisa mencoba cara mengikat tali sepatu dengan gaya cross atau gaya silang berikut ini:

  • Masukkan tali sepatu ke dalam lubang tali pertama dengan bagian ujung di atas.
  • Silangkan ujungnya di bagian luar dan jalankan melalui rangkaian lubang tali teratas.
  • Mulailah mengikatnya secara normal dari bagian atas ke bawah sepatu.
  • Selipkan ujung yang longgar ke dalam tali untuk menghindari menginjaknya.

5. Tali Sepatu Gaya Lattice

Cara mengikat tali sepatu berikutnya ialah gaya lattice. Kalian bisa melakukannya dengan cara di bawah ini:

  • Masukkan tali sepatu ke dalam lubang tali pertama dengan bagian ujung di atas.
  • Silangkan ujung tali sepatu di bagian luar dan jalankan melalui rangkaian lubang tali 3 baris lebih tinggi dari sepatu.
  • Jalankan kedua ujungnya lurus ke atas di bagian dalam dan luar melalui rangkaian lubang tali berikutnya yang lebih tinggi.
  • Silangkan ujungnya di bagian luar dan jalankan melalui rangkaian lubang tali 3 baris di bawah sepatu.
  • Jalankan kedua ujungnya lurus ke atas di bagian dalam dan luar melalui rangkaian lubang tali berikutnya yang lebih tinggi.

Jika Anda memiliki satu set lubang tali ekstra, Anda dapat memilih untuk melewati pasangan lubang tali sepatu di bagian tengah. Lalu, jalankan tali sepatu melalui urutan lubang tali 4 baris lebih tinggi ke atas dan ke bawah, bukan 3.

Penutup

Dengan banyaknya pilihan gaya mengikat tali sepatu, memastikan gaya yang tepat menjadi hal yang penting bagi setiap wanita. 

Dari gaya straight bar, ladder, one handed, hingga menggunakan satu set lubang tali ekstra, semuanya memiliki keunikan masing-masing. 

Oleh karena itu, pilihlah gaya mengikat tali sepatu yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya pribadi Anda. Pastikan untuk terus mengikuti tren terbaru dan kekinian dalam cara mengikat tali sepatu wanita agar Anda selalu tampil modis dan up-to-date. Semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk " Cara Mengikat Tali Sepatu Wanita Terbaru dan Kekinian"