Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Mengembalikan Suara Yang Hilang Secara Lengkap

Zeoiz - Sudahkah Anda pernah merasakan suara Anda hilang atau menjadi lemah? Ini dapat terjadi karena berbagai alasan, seperti infeksi saluran pernapasan atau laryngitis. 

Namun, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengembalikan suara Anda ke keadaan normal.

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan melakukan pemanasan suara. Ini dapat dilakukan dengan menyanyikan nada rendah selama beberapa menit sebelum berbicara atau menyanyi. 

Anda juga dapat melakukan eksersi suara, seperti mengerang atau mengejan, untuk membantu melepaskan kerutan di dalam tenggorokan Anda.

Selain itu, Anda juga dapat menjaga kesehatan saluran pernapasan Anda dengan menghindari merokok dan menjaga jarak dari orang yang sakit. Anda juga dapat mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan zinc untuk menjaga saluran pernapasan Anda sehat.

Jika Anda merasa suara Anda tidak kembali setelah beberapa hari, sebaiknya Anda menghubungi dokter. Dokter akan dapat mengevaluasi kondisi Anda dan memberikan saran yang tepat untuk mengembalikan suara Anda.

Jadi, jangan panik jika suara Anda hilang. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengembalikan suara Anda ke keadaan normal. Namun jangan lupa untuk selalu konsultasikan dengan dokter jika suara anda belum kembali setelah beberapa hari.


6 Cara Mengembalikan Suara Yang Hilang 

Upaya untuk mengembalikan suara yang hilang umumnya dilakukan dengan mengobati peradangan atau iritasi di kotak suara. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Istirahatkan suara

Salah satu cara paling efektif untuk mengatasi suara yang hilang adalah dengan memberi jeda pada suara Anda. 

Istirahatkan suara Anda setidaknya selama 1 hari, jika Anda harus berbicara, berbicaralah dengan suara yang pelan dan perlahan. Hindari berbicara atau bernyanyi terlalu keras atau terlalu lama agar suara Anda dapat pulih dengan baik.

2. Tidak berbisik

Tidak berbisik saat suara sedang serak juga merupakan salah satu cara mengembalikan suara yang hilang. 

Ini karena saat berbisik, pita suara tertarik kencang dan tidak bisa bergetar sehingga menghasilkan tekanan ekstra pada pita suara. Alih-alih berbisik, gunakanlah suara alami tetapi dengan volume rendah.

3. Konsumsi air putih yang banyak

Menjaga asupan cairan dalam tubuh Anda dapat membantu dalam mengembalikan suara yang hilang. Minum banyak air putih sangat dianjurkan untuk mengatasi iritasi tenggorokan dan menjaga kelembapan saluran udara. 

Minum cairan hangat seperti air putih atau sup hangat juga dapat mengencerkan lendir yang menumpuk di tenggorokan. Namun, hindari minum minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh hitam karena dapat memperburuk kondisi laringitis.

4. Kumur air garam

Berkumur dengan air garam hangat bisa menjaga kelembapan tenggorokan sekaligus meredakan radang tenggorokan. 

Cara ini pun mudah dilakuan. Anda hanya perlu memasukkan 1 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan berkumur sebanyak 2–3 kali sehari.

5. Hisap permen pelega tenggorokan

Permen pelega tenggorokan dapat membantu dalam mengembalikan suara yang hilang karena dapat meningkatkan produksi air liur yang dapat melembapkan tenggorokan dan meredakan rasa sakit.

Permen tenggorokan yang mengandung herbal seperti mint atau madu juga dapat digunakan sebagai alternatif karena memiliki sifat antibakteri dan antiradang alami yang dapat membantu dalam proses penyembuhan.

6. Hindari rokok dan minuman beralkohol

Untuk mengembalikan suara yang hilang, Anda juga disarankan untuk menghindari rokok, vape, dan minuman beralkohol. Pasalnya, ketiga hal tersebut bisa memperparah iritasi di pita suara dan membuat tenggorokan terasa kering. 

Selain itu, konsumsi minuman yang hangat seperti teh, jus, atau air hangat dapat membantu melembutkan tenggorokan dan membuat suara Anda lebih jelas.

Cara lain untuk mengembalikan suara yang hilang adalah dengan mandi air hangat, mengirup uap dari air panas, dan menggunakan humidifier di ruangan ber-AC. 

Hal ini dapat membantu melembabkan udara dan mengurangi iritasi pada pita suara Anda.

Jika Anda merasa suara Anda tidak kembali setelah beberapa hari, sebaiknya Anda menghubungi dokter. Dokter akan dapat mengevaluasi kondisi Anda dan memberikan saran yang tepat untuk mengembalikan suara Anda. 

Bagi yang pekerjaannya tergantung pada suara, dokter akan meresepkan kortikosteroid untuk mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan.

Jangan ragu untuk segera periksa diri ke dokter jika Anda telah menerapkan berbagai cara mengembalikan suara yang hilang di atas tetapi kondisi suara tidak kunjung membaik selama lebih dari 2 minggu atau mengalami kesulitan menelan maupun sesak napas. 

Dokter akan memberikan penanganan yang tepat untuk menyelesaikan masalah Anda.

Cara Menjaga Kesehatan Pita Suara Secara Alami


1. Minum Air Putih yang Cukup

Cara untuk menjaga kesehatan pita suara yang pertama adalah dengan minum cukup air putih. Air putih tidak hanya dapat mengatasi dehidrasi, tetapi juga dapat membantu untuk menjaga kesehatan pita suara. 

Pita suara bekerja dengan getaran yang cepat, sehingga keseimbangan air yang cukup dapat menjadi pelumas yang baik untuk pita suara.

Dianjurkan untuk minum sekitar 6 hingga 8 gelas air putih per hari. Batasi minum alkohol dan kafein karena dapat menyebabkan banyak kehilangan air dan menyebabkan tenggorokan menjadi kering. Alkohol juga dapat mengiritasi selaput lendir yang melapisi tenggorokan. 

Dengan minum banyak air, tenggorokan akan selalu terhidrasi. Tenggorokan yang kering berisiko menyebabkan kerusakan pada pita suara. 

Kamu juga dapat mengganti camilan dengan buah-buahan yang mengandung banyak air seperti apel, pir, semangka, melon, dan anggur.

2. Gunakan Suara Sebijak Mungkin

Cara untuk menjaga kesehatan pita suara selanjutnya adalah dengan menggunakan suara dengan bijak. Jika sering berbicara dalam jangka waktu yang lama, kamu perlu untuk memberikan istirahat pada pita suara.

Atur waktu untuk menemukan suasana yang sepi, sehingga kamu dapat diam dan tidak perlu banyak berbicara dengan orang lain. 

Gunakan suaramu seperlunya. Usahakan untuk tidak berbicara terlalu banyak atau menyanyi ketika sedang lelah atau saat suaramu mulai terdengar serak.

3. Hindari Berteriak

Selain itu, kamu juga harus menghindari berteriak sebagai salah satu cara menjaga kesehatan pita suara. Jangan berteriak atau menjerit. 

Cobalah untuk tidak berbicara keras saat sedang berada di lingkungan yang bising. Jika tenggorokan terasa kering atau lelah, dan suara menjadi semakin serak, itu merupakan tanda bahwa terdapat masalah pada pita suara.

Berbicara dengan volume terlalu keras, berteriak, atau menyanyi dengan cara yang dipaksakan tidak baik untuk pita suara. Hal tersebut dapat menyebabkan pita suara membengkak dan berpotensi muncul nodul pada pita suara.

4. Jaga Otot Tenggorokan Tetap Rileks

Cara lain untuk menjaga kesehatan pita suara adalah dengan menjaga agar otot tenggorokan tetap rileks. Usahakan untuk menjaga otot tenggorokan dan leher dalam keadaan rileks, bahkan ketika menyanyi nada tinggi atau rendah. 

Beberapa penyanyi memiliki kebiasaan untuk memiringkan kepala saat menyanyikan nada tinggi dan menundukkan kepala saat menyanyikan nada rendah, hal ini dapat menyebabkan otot vokal menjadi tegang dan dalam jangka panjang dapat mengurangi kemampuan jangkauan vokal. 

Oleh karena itu, bagi penyanyi perlu melakukan latihan yang teratur dan baik untuk menjaga kesehatan pita suara.

5. Jangan Terlalu Sering Membersihkan Tenggorokan

Membersihkan tenggorokan atau membuang dahak diibaratkan seperti sedang ‘membanting’ pita suara. Hal ini disebabkan karena aktivitas membersihkan tenggorokan dapat melukai dan membuat suara menjadi serak.

Cobalah dengan seteguk air untuk membersihkan tenggorokan. Jika merasa harus membersihkan tenggorokan terlalu sering, periksakan diri ke dokter untuk mengetahui apakah kamu menderita alergi atau sinus.

6. Menjalankan Pola Hidup yang Sehat

Cara lain untuk menjaga kesehatan pita suara adalah dengan menjaga pola hidup sehat. Hal ini dapat dilakukan dengan menjaga pola makan yang sehat dan menghindari kebiasaan buruk yang dapat merusak pita suara. 

Konsumsilah makanan yang kaya akan nutrisi seperti berserat, sayur-sayuran, buah-buahan yang kaya vitamin A, E, dan C, yang sangat baik untuk selaput lendir pada tenggorokan. 

Hindari merokok dan minuman beralkohol, dan hindari menggunakan obat kumur yang mengandung zat kimia.


Penutup

Dalam menjaga kesehatan pita suara, sebaiknya dijauhi dari kebiasaan yang merusak seperti merokok, minum alkohol, dan mengonsumsi obat kumur yang mengandung zat kimia.

Selain itu, jaga pola hidup sehat dengan makanan yang kaya akan nutrisi dan menjaga otot tenggorokan tetap rileks.

Namun, jika kamu mengalami masalah dengan suara yang hilang, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikan suara, seperti melakukan terapi vokal, mengistirahatkan pita suara, dan menghindari kebiasaan merusak. 

Namun, sebaiknya konsultasikan juga dengan dokter khusus otolaryngolog jika masalah suara kamu berlanjut.

Demikian ulasan mengenai 6 Cara Mengembalikan Suara Yang Hilang Secara Lengkap, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan buat kalian.

Posting Komentar untuk "6 Cara Mengembalikan Suara Yang Hilang Secara Lengkap"