Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Tujuan Penelitian, Contoh, Jenis dan Cara Membuatnya

Zeoiz - Tujuan dari suatu penelitian adalah untuk menunjukkan hasil kesimpulan yang ingin dicapai dalam penelitian tersebut. Oleh karena itu, tujuan penelitian harus ditulis dengan singkat dan jelas. 

Namun, untuk menulis tujuan penelitian yang baik, perlu dimulai dengan tujuan umum dari penelitian. Setelah tujuan umum tersebut dijelaskan, maka tujuan spesifik dari setiap variabel penelitian yang diidentifikasi harus ditulis.

Tujuan penelitian juga merupakan bagian penting dari BAB 1 (Pendahuluan Penelitian). Oleh karena itu, tujuan penelitian harus ditulis secara terpisah dari aspek lain dalam proposal penelitian dan harus dapat dipahami oleh pembaca dengan mudah.

Tujuan Penelitian Adalah

Menurut situs Editage Insight, tujuan dari penelitian adalah tujuan keseluruhan dari pelaksanaan penelitian. Tujuan ini dapat digunakan untuk menambah pengetahuan dalam suatu topik, untuk menunjukkan kesenjangan dalam ilmu yang ada, atau untuk merancang dan menguji solusi dari masalah yang ada.

Sedangkan menurut Pedoman Penulisan Skripsi Fakultas Ushuluddin, tujuan penelitian adalah pernyataan yang menjelaskan apa yang ingin dicapai dalam penelitian. Tujuan ini berhubungan dengan rumusan masalah dalam penelitian.

Tujuan penelitian bisa ditulis dengan dua cara yaitu:

  1. Menggunakan kalimat aktif: contohnya dengan menggunakan kata-kata seperti untuk memahami, untuk menemukan, untuk mengetahui, untuk menjelaskan, untuk menguraikan, dan lain sebagainya. Sementara dalam penelitian kuantitatif biasanya menggunakan kata-kata seperti untuk memahami, untuk menemukan, untuk menjelaskan, dan untuk menguraikan.
  2. Menggunakan kalimat pasif: contohnya dengan menggunakan kata-kata seperti agar dapat diketahui, agar dapat dijelaskan, dan lain sebagainya.

Contoh Manfaat Penelitian

1. Manfaat Teoritis

Hasil dari penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar dalam mengembangkan media pembelajaran atau menerapkan media pembelajaran lebih lanjut. Selain itu, hasil penelitian ini dapat menambah pengetahuan ilmiah di bidang pendidikan di Indonesia.

2. Manfaat Praktis

  1. Bagi siswa, diharapkan hasil dari penelitian ini dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris siswa kelas V MI Nurul Falah Kota Lampung Timur tahun ajaran 2020/2021 dengan menerapkan media pembelajaran yang sesuai.
  2. Bagi guru, penerapan media papan lebar dalam pembelajaran dapat membantu siswa dalam belajar dan memahami materi dengan lebih mudah dan bermakna.
  3. Bagi sekolah, hasil dari penelitian ini dapat menjadi referensi dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru. Sekolah juga dapat mendukung guru untuk menciptakan media pembelajaran yang lebih bervariasi di masa yang akan datang.
  4. Bagi peneliti, peneliti dapat menerapkan media yang sesuai dalam materi pembelajaran tertentu. Penelitian juga memberikan pengetahuan dan wawasan mengenai materi dan media pembelajaran yang sesuai.

Jenis-Jenis Tujuan Penelitian

Menurut buku Pengantar Metodologi Penelitian yang diterbitkan oleh Yayasan Kita Menulis, ada tiga jenis tujuan penelitian yaitu:

1. Tujuan Penemuan (Eksploratif)

Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan pengetahuan baru dalam suatu bidang tertentu.

2. Tujuan Pengujian (Verifikatif)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi, menganalisis, dan menguji kebenaran dari suatu bidang yang sudah ada sebelumnya.

3. Tujuan Pengembangan (Development)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan pengetahuan dalam suatu bidang yang telah ada.

Cara Membuat Tujuan Penelitian dan Skripsi

Mengutip situs Universitas Raharja, ada tiga cara menulis tujuan penelitian dan skripsi yaitu tujuan penelitian kualitatif, penelitian kuantitatif, dan penelitian campuran. Berikut penjelasannya:

1. Tujuan Penelitian Kualitatif

Untuk menulis tujuan penelitian kualitatif, ada beberapa elemen dasar yang perlu diperhatikan. Di antaranya:

  • Gunakan kata-kata seperti tujuan, maksud, atau tujuan untuk mengidentifikasi tujuan penelitian yang ditulis. Tulislah tujuan penelitian ini dalam kalimat atau paragraf terpisah dan gunakan bahasa seperti "maksud atau tujuan penelitian ini adalah...".
  • Fokus pada satu fenomena utama (konsep atau ide). Persempit ruang lingkup penelitian dengan ide yang ingin diteliti atau dipahami.
  • Gunakan kata kerja tindakan untuk menunjukkan bahwa penelitian sedang melalui proses pembelajaran. Kata kerja atau kalimat tindakan seperti pemahaman, pengembangan, pencarian makna, atau penemuan membuka kemungkinan lain untuk penelitian lain dan menghasilkan desain.
  • Berikan definisi operasional umum dari fenomena atau gagasan utama, terutama jika fenomena tersebut adalah istilah yang tidak dipahami oleh khalayak luas.
  • Gunakan kata-kata yang menunjukkan strategi penelitian untuk pengumpulan data, analisis data, dan proses penelitian. Misalnya jika penelitian menggunakan teori etnografi, studi kasus, teori fenomenologi, pendekatan naratif, atau strategi lainnya.
  • Masukkan lokasi penelitian dan jelaskan tempat ini secara terperinci sehingga pembaca benar-benar tahu di mana penelitian dilakukan.
  • Gunakan bahasa yang berbeda yang membatasi ruang lingkup peserta atau tempat penelitian.

2. Tujuan Penelitian Kuantitatif

Sama seperti penelitian kualitatif, menulis tujuan penelitian kuantitatif juga memerlukan beberapa elemen dasar. Berikut poin-poinnya:

  • Gunakan kata-kata seperti tujuan, maksud, atau tujuan untuk mengidentifikasi tujuan penelitian yang akan diteliti. Tulis tujuan penelitian ini dalam kalimat atau paragraf terpisah dan gunakan bahasa seperti "maksud atau tujuan penelitian ini adalah...".
  • Tampilkan teori, model, atau struktur konseptual yang digunakan dalam penelitian.
  • Jelaskan tentang variabel yang digunakan dalam penelitian, misalnya variabel independen dan dependen atau variabel lainnya.
  • Tempatkan dan atur variabel-variabel ini dari kiri ke kanan, dengan variabel independen (kiri) diikuti oleh variabel dependen (kanan).
  • Tentukan jenis strategi penelitian (survei atau eksperimen) yang digunakan.
  • Tentukan peserta (atau unit analisis) dan lokasi penelitian dengan jelas

3. Tujuan Penelitian Metode Campuran

Penelitian dengan metode campuran juga perlu memperhatikan beberapa hal mendasar, di antaranya:

  • Tuliskan dengan jelas yang menunjukkan tujuan penelitian, misalnya tujuan atau maksud penelitian ini adalah...
  • Jelaskan tujuan penelitian dari perspektif konten. Dengan begitu pembaca memiliki semacam 'jangkar' untuk memahami tujuan umum penelitian, sebelum peneliti membagi penelitiannya menjadi kualitatif atau kuantitatif.
  • Tunjukkan jenis-jenis metode campuran yang digunakan, baik sekuen eksploratif atau sekuens tertanam, transformatif, multi-fase, dan lainnya.
  • Jelaskan logika atau alasan untuk kombinasi data kualitatif dan kuantitatif.
  • Gabungkan alasan-alasan ini dalam konsep yang lebih komprehensif.


Itulah uraian dari kami mengenai Pengertian Tujuan Penelitian, Contoh, Jenis dan Cara Membuatnya, semoga mudah kalian pahami dan bermanfaat pastinya serta bisa membantu kegiatan kalian. Semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk " Pengertian Tujuan Penelitian, Contoh, Jenis dan Cara Membuatnya"