Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian PIC, Syarat dan Skil yang Harus Dimilikinya

Zeoiz - PIC adalah singkatan dari "Person In Charge" yang sering terdengar dalam dunia kerja atau di organisasi. PIC memiliki peranan penting dalam menjalankan pekerjaan di perusahaan dengan bertanggung jawab penuh atas keberlangsungan suatu project atau event sesuai rencana. Seorang PIC harus berkompeten dalam mengatur dan mengelola kegiatan, memiliki jiwa kepemimpinan tinggi, serta memiliki skill dan kemampuan yang dibutuhkan untuk melakukan tugas dan tanggung jawab PIC dengan baik.

Pengertian PIC

PIC adalah istilah yang digunakan dalam administrasi perkantoran yang merujuk pada seseorang yang bertanggung jawab menangani hal-hal tertentu. PIC merupakan singkatan dari Person In Charge, yang artinya seseorang bertanggung jawab dalam mengelola tugas tertentu di dalam kantor. 

PIC ditunjuk oleh atasan seperti manajer atau kepala divisi kepada bawahannya yang dianggap berkompeten dalam menangani tugas tersebut. Tugas yang diberikan PIC dapat bersifat jangka panjang atau jangka pendek. Dalam waktu tertentu, orang yang ditunjuk sebagai PIC harus melaporkan perkembangan tugas yang dia tangani kepada atasannya. 

Sebagai contoh, seorang kepala divisi marketing atau pemasaran dapat memberikan PIC kepada dua koordinator tim marketing untuk melakukan tugas khusus, seperti pemasaran produk baru yang akan segera dirilis secara resmi. Jadi, kedua koordinator tersebut ditugaskan untuk mengkoordinasikan agar masyarakat luas penasaran dengan produk terbaru yang akan diluncurkan. 

Berbagai cara dapat dilakukan untuk menarik perhatian masyarakat, baik di dunia nyata maupun di dunia maya. Dalam prosesnya, koordinator marketing juga memiliki beberapa anak buah yang ditugaskan untuk melakukan tugas sesuai perintah dari kepala divisi. Mereka merupakan karyawan kecil sehingga harus melaksanakan tugas di lapangan langsung sesuai yang diperintahkan.

Setiap seminggu sekali, semua anggota tim marketing berkumpul untuk melakukan evaluasi dan merencanakan tugas yang akan datang. Hasil dari evaluasi mingguan tersebut juga akan dilaporkan oleh koordinator marketing kepada kepala divisi.


Syarat Menjadi Seorang PIC

Setelah kita memahami pengertian PIC dan juga apa saja tugas-tugasnya, maka Anda juga harus memahami apa saja syarat menjadi seorang PIC bila Anda mempunyai minat untuk menjadi seorang PIC. Berikut ini syarat-syarat menjadi seorang PIC yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Bertanggung Jawab

Rasa tanggung jawab yang tinggi merupakan syarat utama untuk menjadi seorang PIC. PIC harus memastikan keberhasilan tugas yang diberikan dan juga melibatkan anggota tim di bawahnya. Oleh karena itu, seorang PIC harus dapat bertanggung jawab terutama jika ada kesalahan yang terjadi dalam proses pelaksanaan tugas.

2. Memiliki Skill Tertentu

Menjadi seorang PIC memerlukan beberapa kemampuan untuk dapat mengelola sebuah tim serta menangani tugas penting dari perusahaan. Kemampuan tersebut termasuk komunikasi dan pemecahan masalah. 

Pastinya dalam menjadi seorang PIC, Anda harus berinteraksi dengan banyak pihak dan harus mampu menyampaikan laporan dengan tepat serta mengolah masukan yang diterima. Selain itu, dalam menjalankan sebuah tugas, pasti akan ada beberapa masalah yang terjadi, dan karena itu seorang PIC harus memiliki kemampuan pemecahan masalah yang baik.

3. Tidak Mudah Menyerah

Seorang PIC harus memiliki mental yang kuat dan tidak mudah menyerah. Beban kerja yang harus ditanggung oleh seorang PIC tidak mudah dan cenderung berat. Karena itu, jika Anda mudah stres dengan pekerjaan yang ringan, Anda harus mulai melatih mental Anda untuk tidak mudah menyerah agar dapat menjadi seorang PIC yang tangguh.

4. Mampu Memimpin Sebuah Tim

Seperti yang sudah diketahui, seorang PIC biasanya memiliki anggota tim di bawahnya. Anda harus bisa memimpin tim agar dapat bekerja sama dalam mencapai kesuksesan tugas yang diberikan. Dengan begitu, Anda juga memiliki pengalaman yang dapat digunakan untuk menjadi calon pemimpin di masa depan karena Anda pernah memimpin tim sebagai seorang PIC.


Skill PIC

Terdapat beberapa skill penting yang harus dimiliki oleh seorang PIC. Sebagai seorang PIC, selain harus bertanggungjawab terhadap tugas, kamu juga harus bisa bertanggungjawab terhadap rekan kerjamu yang terlibat dalam event yang sama.

Berikut beberapa kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang PIC:

1. Kemampuan Komunikasi

Tentu saja, seorang PIC harus mampu berkomunikasi dengan baik. Karena PIC akan berhubungan dan bekerja dengan banyak orang, maka kemampuan komunikasi sangat dibutuhkan untuk meminimalisir kesalahpahaman dalam bekerja.

2. Kemampuan Pemecahan Masalah

Pada pelaksanaannya, PIC harus mampu menyelesaikan berbagai masalah yang muncul saat menjadi penanggung jawab suatu acara. Oleh karena itu, PIC memerlukan kemampuan pemecahan masalah agar mampu mengatasi masalah dengan baik dan bijak.

3. Kemampuan Interpersonal

PIC harus mampu membangun hubungan yang baik dengan rekan kerjanya. Hal ini dilakukan untuk menciptakan kenyamanan saat berinteraksi dengan banyak orang.


Demikian uraian mengenai Pengertian PIC, Syarat dan Skil yang Harus Dimilikinya, semoga ulasan secara sederhana dari kami bisa mudah kalian pahami dan bisa menambah wawasan kalian. Terima kasih

Posting Komentar untuk " Pengertian PIC, Syarat dan Skil yang Harus Dimilikinya"