Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Manajemen Pemasaran, Fungsi dan Tujuannya Lengkap


Zeoiz - Setiap pengusaha ingin produknya laku di pasaran dan menghasilkan keuntungan, hal yang biasa dalam dunia bisnis. Bagaimana cara agar produk Anda diminati konsumen? Kunci suksesnya adalah dengan memasarkannya secara efektif, efisien dan tepat sasaran dengan mengaplikasikan manajemen pemasaran yang akan menjadi modal utama supaya produk Anda dicari dan diterima oleh pembeli.

Pengertian Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran adalah proses yang meliputi analisis, perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan pengendalian kegiatan pemasaran. Tujuan manajemen pemasaran adalah untuk mencapai sasaran perusahaan dengan cara yang efisien dan efektif.

Manajemen pemasaran dapat juga diartikan sebagai alat untuk melakukan analisis, perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian program dalam perusahaan yang telah dirancang untuk menciptakan, membangun, serta mempertahankan pertukaran yang dapat memberikan keuntungan.

Keuntungan merupakan tujuan utama sebuah bisnis atau perusahaan. Pelaku manajemen pemasaran adalah seorang manajer pemasaran. Manajer pemasaran akan melakukan studi terhadap struktur pembiayaan, sumber keuntungan, sumber daya dan kompetensi. Selain itu, manajer pemasaran juga harus mempelajari diferensiasi produk dan posisi kompetitif, tingkat integrasi vertikal, riwayat respon perkembangan industri, serta faktor-faktor lain yang berhubungan dengan kompetitor.

Fungsi Manajemen Pemasaran Secara Umum

Secara umum, berikut adalah fungsi manajemen pemasaran yang perlu kamu ketahui:

  1. Melakukan riset terhadap konsumen
  2. Merencanakan distribusi produk agar sampai dengan baik ke tangan konsumen
  3. Menyediakan layanan yang baik kepada konsumen
  4. Meningkatkan dan mengembangkan produk
  5. Menentukan harga yang tepat
  6. Menciptakan kegiatan pemasaran yang lebih efektif dan efisien
  7. Mengevaluasi strategi promosi dan distribusi barang
  8. Membangun komunikasi yang baik dengan konsumen
  9. Memenuhi kebutuhan dan permintaan konsumen dan pasar.

Selain untuk mencapai tujuan utama, yakni bisa memasarkan produk dengan baik, apa lagi fungsi manajemen pemasaran lainnya?

1. Fungsi Pertukaran

Fungsi pertukaran dalam manajemen pemasaran terbagi menjadi dua fungsi utama yaitu fungsi pembelian dan fungsi penjualan. Fungsi pembelian adalah proses timbal balik dari aktivitas penjualan produk yang dilakukan oleh manajemen pemasaran.

Tidak mudah untuk menerapkan manajemen pemasaran dalam pembelian, diperlukan strategi khusus, terutama dalam hal-hal yang dapat menarik konsumen untuk membeli produk Anda. Sementara fungsi penjualan, dapat diartikan sebagai aktivitas untuk mempertemukan penjual dan pembeli. Kegiatan ini dapat dilakukan secara langsung, melalui perantara atau media.

2. Fungsi Fisis

Fungsi fisis lebih fokus pada aspek waktu, lokasi dan bentuk produk. Hal ini sangat penting untuk dipertimbangkan dalam manajemen pemasaran. Penentuan fungsi fisis, juga harus dipertimbangkan ketika produk akan dikirim, diproses dan disimpan, hingga sampai ke tangan konsumen. Jadi, Anda tidak hanya harus memikirkan kualitas produk, namun juga harus merencanakan bagaimana produk akan sampai ke tangan konsumen. Hal ini dilakukan agar perusahaan tidak mengalami kerugian akibat penanganan produk yang buruk kepada konsumen.

3. Fungsi Penyediaan Sarana

Ada lagi fungsi manajemen pemasaran yang tak kurang penting, yaitu sebagai penyedia sarana. Sarana ini akan berkaitan dengan segala kegiatan pemasaran produk yang dapat mempermudah operasional penjualan barang. Beberapa contoh sarana yang digunakan dalam manajemen pemasaran antara lain : proses pengumpulan data, penyortiran data sesuai standar, komunikasi dan pembiayaan.


Tujuan Manajemen Pemasaran 

Ada beberapa tujuan manajemen pemasaran yang perlu Anda ketahui yaitu:

1. Kepuasan Pelanggan

Selain laba, apa yang paling dicari dari perusahaan? Tentu saja kepuasan pelanggan. Meskipun memperoleh laba yang maksimum, tapi jika tidak ada kepuasan pelanggan, itu menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Oleh karena itu, untuk mencapai kepuasan pelanggan, diperlukan strategi khusus. Salah satunya adalah dengan memperhatikan strategi pemasaran dan dapat dicapai dengan mengelola manajemen pemasaran yang baik.

2. Menciptakan Permintaan

Satu hal penting yang perlu diingat dalam manajemen ini adalah bagaimana mengelola bisnis agar muncul permintaan produk dari konsumen. Oleh karena itu, perlu melakukan strategi pemasaran yang terukur. Salah satu contohnya adalah dengan mengetahui preferensi konsumen. Dengan mengetahuinya, Anda dapat dengan mudah melakukan strategi pemasaran produk yang tepat.

3. Target Pasar

Ketika Anda mengetahui preferensi konsumen, Anda juga bisa memahami target pasar Anda. Jika produk Anda sama dengan kompetitor, hal yang dibutuhkan adalah menciptakan promosi yang efektif dan tepat sasaran. Media sosial dapat menjadi sarana yang ampuh untuk mengambil target pasar. Anda dapat mencobanya melalui Instagram, Facebook, atau TikTok.

 4. Pencitraan Produk

Untuk mengenalkan produk kepada konsumen, perlu melalui promosi dengan iklan yang inovatif. Namun, perlu diingat bahwa kualitas produk harus diperhatikan dengan saksama. Jika kualitas produk baik, divisi pemasaran akan lebih mudah mengenalkan produk. Sehingga, konsumen lebih tertarik untuk membeli produk Anda.

5. Target Pasar Baru

Jika Anda sudah memiliki pelanggan tetap, saatnya untuk melebarkan sayap bisnis Anda dengan mencari pelanggan baru sebagai cara untuk meningkatkan keuntungan. Strategi yang bisa Anda lakukan adalah melalui iklan di media sosial. Hadirnya target pasar baru akan menambah variasi produk, karena biasanya ada permintaan produk yang berbeda, yang menjadi peluang dan tantangan bagi Anda untuk meraih keuntungan yang lebih besar.

 6. Menaikkan Keuntungan

Bagian penting dari manajemen pemasaran adalah bagaimana meningkatkan keuntungan. Seberapa banyak strategi yang Anda lakukan, jika tidak dilakukan secara konsisten, akan membuat bisnis tidak berkembang. Oleh karena itu, konsistensi adalah kata kunci dalam bisnis. Jika Anda rapi, detail, dan konsisten, percayalah keuntungan bisnis akan hadir secara sistematis.


Nah demikian ulasan mengenai Pengertian Manajemen Pemasaran, Fungsi dan Tujuannya Lengkap, semoga bisa dijadikan sebagai bahan referensi buat kalian sekaligus menambah wawasan kalian. Semoga sukses

Posting Komentar untuk " Pengertian Manajemen Pemasaran, Fungsi dan Tujuannya Lengkap"