Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Artikel, Jenis dan Ciri-Cirinya



Zeoiz - Apa yang kamu pahami tentang artikel? Artikel sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan perkembangan zaman, artikel tidak hanya diterbitkan dalam media cetak saja, tetapi juga dalam bentuk media online. Secara singkat, artikel adalah karya tulis yang berisi fakta yang dapat memberikan pendidikan, hiburan, pengetahuan, atau wawasan bagi setiap pembacanya.

Pengertian Artikel

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), artikel adalah karya tulis yang lengkap, misalnya laporan berita atau esai dalam majalah, surat kabar, dan sebagainya. Artikel dapat diartikan sebagai sebuah karya tulis yang berisi gagasan, opini, ide, atau informasi yang dipublikasikan melalui beberapa media.

Penulisan sebuah artikel bertujuan untuk menyampaikan gagasan yang sesuai dengan data dan fakta. Selain berisi fakta, artikel juga bisa memuat gagasan berupa opini yang menanggapi permasalahan yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat.

Jenis-Jenis Artikel

Artikel memiliki beberapa jenis yang berbeda dan memiliki gaya tersendiri. Berikut ini adalah beberapa jenis artikel yang perlu diketahui.

1. Narasi

Artikel naratif adalah jenis artikel yang isinya menceritakan tentang rangkaian peristiwa secara sistematis. Dalam naratif terdapat tokoh, konflik, dan juga penyelesaian. Contoh dari artikel naratif adalah autobiografi, biografi, dan kisah pengalaman.

2. Deskripsi

Artikel deskripsi adalah jenis artikel berupa tulisan yang menggambarkan suatu hal kepada pembaca. Dalam hal ini, seolah-olah pembaca bisa merasakan, melihat, dan mendengar isi dari deskripsi tersebut.

3. Eksposisi

Artikel eksposisi adalah jenis tulisan yang isinya menjelaskan atau memberikan informasi tentang suatu topik yang tujuannya untuk menambah pengetahuan pembacanya. Artikel eksposisi umumnya dilengkapi dengan gambar, grafik, dan informasi pendukung lainnya.

4. Persuasi

Artikel persuasi adalah tulisan yang isinya bertujuan untuk mempengaruhi pembaca agar bersedia untuk melakukan sesuatu yang disarankan oleh penulis dalam tulisannya. Artikel ini biasa digunakan dalam gerakan kampanye, contohnya kampanye mengenai bahaya narkoba.

5. Argumentasi

Artikel argumentasi merupakan suatu karangan yang dibuat untuk membuktikan kebenaran mengenai suatu pendapat dengan menyajikan fakta atau data sebagai alasan. Di dalam artikel ini, biasanya terdapat unsur opini dan data yang mendukung opini.


Ciri-Ciri Artikel

Tulisan dapat dikatakan sebuah artikel ketika memiliki karakteristik sebagai artikel. Sebagai contoh harus memiliki unsur seperti isi, kata, kalimat dan gaya bahasa yang digunakan.

Berikut adalah ciri-ciri dari sebuah artikel yang perlu diketahui:

  1. Artikel dibuat singkat, padat, jelas, dan langsung membahas isi.
  2. Isi yang dimuat dalam artikel berupa fakta yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
  3. Artikel bersifat faktual dan informatif.
  4. Menggunakan bahasa resmi dan baku untuk artikel tertentu.
  5. Dapat memuat opini penulis, namun harus didukung dengan penelitian atau sumber yang benar.
  6. Metode penulisan dilakukan secara sistematis.
  7. Menggunakan kalimat yang logis dan jelas.

Kedudukan dan Fungsi Artikel

Artikel tidak serta merta dibuat begitu saja, akan tetapi memiliki kegunaan dan fungsi ditengah-tengah masyarakat, Berikut ini merupakan kedudukan serta fungsi artikel:

1. Sebagai Bahan Diskusi

Artikel dapat digunakan sebagai bahan diskusi dan untuk menyebarluaskan gagasan. Penulis mengangkat sebuah topik berdasarkan pengalaman, apa yang dibaca, apa yang didengar, sampai apa yang dikhawatirkan, sehingga pembaca ikut terlibat dalam pembahasan tersebut. Selain itu, artikel juga berguna sebagai sarana atau ajang eksistensi diri. Tidak jarang, kita melihat beberapa orang menulis artikel di media massa hanya untuk mencari popularitas atau nama saja.

2. Sarana Kontribusi Pemikiran

Salah satu kegunaan atau fungsi artikel adalah sebagai sarana kontribusi pemikiran, hal ini dapat kita lihat dari artikel yang dimuat di media massa. Secara tidak langsung, ini berarti para penulis telah menyalurkan pemikirannya melalui artikel yang mereka buat, terlepas dari bentuk artikel yang mereka buat.


Manfaat Artikel

Menulis artikel dapat mendatangkan banyak manfaat, baik bagi penulis ataupun bagi pembaca, berikut manfaat artikel yang harus kalian ketahui:

1. Manfaat Artikel Bagi Penulis

  1. Artikel dapat digunakan sebagai sarana bagi penulis untuk menyampaikan gagasan, ide, atau kritikan.
  2. Belajar untuk berpikir secara sistematis, menulis dengan baik dan benar.
  3. Artikel dapat digunakan sebagai sarana untuk memperkenalkan gagasan, pemikiran, serta diri pribadi kepada publik.
  4. Belajar memahami tujuan menulis, serta berpikir tentang kompetensi apa saja yang ingin dicapai.

2. Manfaat Artikel Bagi Pembaca

  1. Artikel dapat digunakan untuk menambah wawasan dan pengetahuan.
  2. Artikel dapat digunakan untuk mendidik diri.
  3. Artikel dapat digunakan untuk membandingkan dalam melihat suatu topik atau masalah yang muncul di masyarakat.


Demikian ulasan mengenai Pengertian Artikel, Jenis dan Ciri-Cirinya, nah sekarang kalian sudah memahami mengenai artikel kan? mungkin sekarang saatnya kalian belajar membuat artikel siapa tahu kalian akan menjadi orang sukses dengan menulis artikel. Semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk " Pengertian Artikel, Jenis dan Ciri-Cirinya"