Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Artikel Jurnal Ilmiah dan Pembahasannya Secara Lengkap

Pengertian Artikel Jurnal Ilmiah-Artikel jurnal ilmiah adalah tulisan yang ditujukan untuk penelitian mandiri, yang ditulis tanpa menggunakan sistem angka atau abjad. Seringkali kita menemukan jurnal ilmiah, tapi mungkin banyak orang yang belum benar-benar mengerti tentang hal itu. Bagi pengunjung setia idpengertian yang ingin memahami penjelasan mengenai artikel jurnal ilmiah, silakan baca penjelasan berikut ini.


Pengertian Artikel Jurnal Ilmiah 

Jurnal ilmiah adalah publikasi yang diterbitkan secara berkala oleh suatu organisasi profesi atau lembaga akademis. Isinya adalah kumpulan artikel ilmiah yang ditulis dalam format yang sama. Jenis artikel yang dimaksud adalah hasil penelitian atau pemikiran dalam bidang ilmu tertentu. Jadi, jurnal ilmiah dapat diartikan sebagai buku terbitan berseri yang berisi kumpulan artikel dengan tema tertentu.

Menurut Adnan dkk. (2005, halaman 5), jurnal ilmiah dapat dianggap sebagai forum komunikasi bagi sekelompok orang yang mendalami disiplin ilmu tertentu. Karena dibaca oleh kelompok tertentu, jurnal ilmiah harus menyajikan artikel yang sesuai dengan minat dan kepentingan dari kelompok tersebut.


Karakteristik Jurnal Ilmiah

  1. Rutin, publikasi periodik (seperti bulanan, kuartalan)
  2. Membahas lingkup tertentu atau subjek/objek tertentu
  3. Terdapat kebijakan publikasi dan panduan bagi penulis
  4. Harus ada Standar Internasional Serial Number untuk jurnal (dan kadang-kadang Digital Object Identifier untuk setiap artikel)
  5. Terdapat Dewan Editorial dan kadang-kadang Dewan Penasehat
  6. Riset asli (yang juga mencakup ulasan, ringkasan, dan opini)
  7. Konten biasanya disampaikan secara spekulatif oleh penulis, bukan ditulis oleh staf atau ditugaskan oleh editor
  8. Publikasi di media cetak atau format elektronik atau keduanya
  9. Rekan ditinjau (meskipun beberapa mungkin tidak!)
  10. Penulis berasal dari komunitas akademik, penelitian, dan kadang-kadang profesional (seperti dokter, ilmuwan penelitian, dosen)
  11. Pembaca juga biasanya dari komunitas yang sama - misalnya dokter, ilmuwan peneliti, dosen
  12. Artikel biasanya rinci dan mempertimbangkan topik yang mendalam, bukan dangkal
  13. Artikel mengutip beberapa bahan yang telah diterbitkan sebelumnya pada topik yang sama
  14. Konten bersifat "ilmiah" dan terdapat referensi yang luas untuk informasi ilmiah (daftar referensi)
  15. Terdapat sedikit iklan (meskipun beberapa jurnal memiliki iklan)
  16. Internasional atau regional - kebanyakan jurnal internasional cukup luas dalam cakupan subjek mereka, meskipun banyak juga yang mengkhususkan diri pada isu-isu regional
  17. Jurnal diarsipkan baik di perpustakaan, atau dengan arsip digital spesialis (seperti PORTICO)
  18. Kepatuhan terhadap pedoman internasional (seperti pada etika penulis, presentasi dan sebagainya)


Jenis Jurnal Ilmiah

1. Jurnal Profesional atau Perdagangan

Jurnal perdagangan adalah publikasi berkala yang ditujukan untuk industri atau kelompok dagang tertentu. Sesuai dengan namanya, isi jurnal perdagangan adalah artikel yang berhubungan dengan bisnis dan jual beli. Pembacanya adalah para profesional yang bergerak di bidang perdagangan. Dalam jurnal ini sering terdapat iklan dan lowongan pekerjaan.

2. Jurnal Populer

Jurnal ini bersifat umum. Topik yang dibahas seringkali dekat dengan masyarakat. Penulis artikel yang menerbitkan jurnal ini juga biasanya bukan pakar akademis, sehingga tidak semua jurnal populer dapat digunakan sebagai rujukan ilmiah.

3. Jurnal Ilmiah

Jurnal ilmiah diterbitkan oleh para praktisi akademis atau sarjana yang sedang melakukan penelitian tentang isu-isu yang sesuai dengan bidang ilmu mereka. Tujuan dari publikasi jurnal ini adalah untuk menyediakan forum diskusi bagi para rekan sejawat, sehingga dapat timbul kesepakatan baru tentang sebuah isu. Pembacanya adalah sivitas akademia. Jurnal ini tidak dapat diterbitkan secara sembarangan karena hasil dari jurnal ini akan digunakan sebagai rujukan, bahkan tidak jarang akan dijadikan pertimbangan dalam pembuatan kebijakan publik.


Fungsi Jurnal Ilmiah

Berikut ini merupakan beberapa fungsi dari jurnal ilmiah secara umum :

  1. Menjadi jembatan komunikasi di antara akademisi
  2. Pendistribusian hasil riset
  3. Penumbuh iklim akademik di pendidikan tinggi
  4. Arus pertukaran data sehingga bisa menjadi inspirasi timbulnya ide baru


Manfaat jurnal ilmiah

Berikut ini beberapa manfaat jurnal ilmiah :

  1. Jurnal ilmiah merupakan sarana yang penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Melalui jurnal, para ilmuwan dapat menyampaikan hasil penelitian mereka, memberikan kritik terhadap hasil penelitian orang lain, dan membangun konsensus dalam suatu bidang penelitian. Proses ini terus berlangsung seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan. Jurnal memainkan peran yang sangat penting dalam proses tersebut.
  2. Selain itu, jurnal juga bisa dijadikan sebagai dasar data bagi pembuatan kebijakan publik. Kebijakan publik yang baik harus didasarkan pada bukti ilmiah yang kuat. Jurnal ilmiah dapat menyediakan bukti ilmiah yang diperlukan untuk pembuatan kebijakan publik yang berkualitas. Tanpa dasar ilmiah yang kuat, kebijakan publik dapat dianggap dibuat secara asal-asalan.
  3. Secara kualitatif dan kuantitatif, jurnal ilmiah juga dapat digunakan sebagai tolok ukur kemajuan suatu institusi atau lembaga. Contoh kuantitatif misalnya, jumlah jurnal ilmiah yang diterbitkan dapat digunakan sebagai indikator kemajuan suatu negara, pusat studi, universitas, dan lain-lain.


Daftar Situs atau Website Tempat Mencari Jurnal

Kamu pernah bertanya-tanya, gimana cara mendapatkan jurnal gratis di internet? Dibawah ini adalah list website / jurnal yang bisa menjadi referensi dalam mencari jurnal gratis di internet :

1. E-resources.perpusnas.go.ig

Situs ini adalah situs resmi dari Perpustakaan Nasional. Oleh karena itu, semua artikel yang dipublikasikan di sini sudah pasti telah disaring dan layak untuk menjadi referensi. Tak heran jika situs ini dikunjungi oleh ratusan ribu orang setiap hari.

Untuk dapat mengakses semua artikel yang ada di dalam situs ini, Anda harus mendaftar sebagai anggota terlebih dahulu. Anda dapat mengakses situs ini secara daring dan memilih menu daftar, memasukkan data yang diperlukan, kemudian Anda sudah siap untuk menjelajah.

2. LIPI.go.id

Meskipun situs ini bukan merupakan lembaga yang berasal dari pemerintah, namun masih berafiliasi dengan pemerintah melalui Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Lembaga ini menyediakan bantuan bagi Anda yang kurang terbiasa dalam memahami teks dalam bahasa Inggris. Cara mencari jurnal di tempat ini juga sangat mudah. Selain itu, jurnal yang tersedia di sini lengkap dan dalam bahasa Indonesia, kebanyakan juga dapat diunduh secara gratis.

3. Ijern.com

Jika Anda ingin menemukan jurnal dalam bahasa asing, Anda dapat mengunjungi situs ini. Situs ini adalah singkatan dari International Journal of Education and Research yang merupakan tempat untuk menemukan jurnal yang diterbitkan oleh para peneliti, akademisi, hingga praktisi yang berasal dari CRC Publications atau Kontemporer Research Center.

4. Doaj.org

Sesuai dengan namanya, situs Directory of Open Access Journal memberikan akses jurnal yang lengkap dari berbagai bidang keilmuan yang bersifat terbuka untuk umum. Namun, situs ini tidak terlibat dalam proses penerbitan jurnal, melainkan hanya menyediakan tautan yang akan mengarahkan pengguna langsung ke situs penerbit jurnal yang bersangkutan. Cara mencari jurnal yang diinginkan di situs ini sama dengan mencari di mesin pencari lain.

5. Sciencedirect.com

Situs ini adalah salah satu situs yang lengkap, karena tidak hanya menyediakan artikel saja, melainkan juga buku. Anda dapat menikmati akses yang dibayar atau gratis yang semuanya menyediakan konten berkualitas.

6. Researchgate.net

Di tempat ini, Anda tidak hanya bisa menemukan jurnal yang Anda butuhkan, tetapi juga dapat ikut berbagi jurnal yang telah Anda susun sendiri. Selain itu, Anda juga dapat terhubung dengan para peneliti dan praktisi lain yang tergabung di situs ini dan saling meminta jurnal. Layanan yang tersedia di tempat ini dapat diakses secara gratis. Namun, untuk dapat mengakses layanan tersebut Anda harus terdaftar terlebih dahulu dengan menggunakan email universitas atau institusi tempat Anda bekerja. Jika Anda belum memiliki email ini, Anda dapat menghubungi pihak kampus atau institusi Anda untuk mendapatkannya.

7. Freefullpdf.com

SItus ini menyediakan berbagai paper dan publikasi yang berasal dari seluruh bagian dunia. Namun, tentu saja artikel yang diterbitkan di situs ini semuanya menggunakan bahasa Inggris.

8. Libgen.org

Sama seperti situs lain yang disebutkan di atas, situs yang merupakan kependekan dari Library Genesis ini juga menampilkan banyak jurnal dengan berbagai keilmuan. Namun, beredar kabar bahwa situs ini ilegal.


Demikian ulasan mengenai Pengertian Artikel Jurnal Ilmiah dan Pembahasannya Secara Lengkap, semoga mudah kalian pahami dan bisa bermanfaat untuk kalian serta bisa menjadi penambah wawasan pastinya. Semoga sukses

Posting Komentar untuk " Pengertian Artikel Jurnal Ilmiah dan Pembahasannya Secara Lengkap"