Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Arti Surrender dan Contohnya Lengkap

Pengertian Arti Surrender - Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti dari kata surrender adalah memberikan dirinya kepada yang berwenang atau mengaku kalah; tunduk (tidak akan melawan lagi). Ini merupakan kata kerja yang menggambarkan perilaku seseorang yang sudah tidak mampu memperjuangkan sesuatu dalam hidup. 

Namun, pasrah tidak sama dengan putus asa. Orang yang menyerahkan diri sepenuhnya pada Sang Kuasa saat sudah tidak mampu menyelesaikan permasalahan biasanya merupakan orang yang sudah benar-benar memahami arti surrender. Selain itu, orang tersebut juga akan mencari motivasi agar bisa segera bangkit dari keterpurukan. Berikut adalah beberapa tips pantang menyerah dan kata-kata motivasi agar kita semua bisa segera bangkit untuk kembali berjuang dalam bidang apa pun dalam hidup.

Kata Kerja Atau VERBA

  1. Melepaskan
  2. Menyerahkan
  3. Menyerah

Kata Benda Atau NOMINA

  1. Penolakan
  2. Penyerahan


Tips Pantang Menyerah (Surrender)

Selain berusaha memahami arti surrender, kalian juga perlu mengetahui tips pantang menyerah. Agar tak mudah putus asa, kalian bisa menyimak beberapa keterangan berikut ini.


1. Ingat Tujuan yang Harus Dicapai

Ingatlah apa yang ingin kalian capai dengan terus berjuang. Jika tujuan tersebut sudah tidak relevan lagi, mungkin saatnya untuk mulai melepaskannya.

2. Pikirkan Orang-Orang yang Menginspirasi

Ingatlah orang-orang yang memberi inspirasi kepada kita, seperti keluarga atau teman yang kita cintai. Pertimbangkan apa yang akan terjadi pada mereka jika kita menyerah begitu saja.

3. Ingat Pengorbanan yang Sudah Dilakukan

Rekap kembali semua pengorbanan yang sudah kita lakukan di masa lalu. Ini bisa menjadi cara untuk mengembalikan semangat saat kita mulai lelah dan ingin menyerah.

4. Istirahat dan Berbagi Beban dengan Orang Terdekat

Mungkin ada orang terdekat seperti teman atau keluarga yang bisa kita ajak untuk berbagi beban. Minimal, kita bisa mengeluh atau bercerita tentang kesulitan yang kita alami. Ini juga bisa menjadi waktu istirahat yang baik. Ingat, ini bukan berarti kita harus mendapatkan bantuan dari orang lain.

5. Pahami Bahwa Masalah Merupakan Bagian dari Hidup

Masalah adalah hal yang wajar dialami manusia selama hidup. Kita boleh merasa lelah, tapi pertimbangkan juga apa yang akan terjadi di masa depan jika memutuskan untuk berhenti sekarang.


Sinonim atau Persamaan kata Surrender

  1. pengabaian
  2. abdikasi
  3. persetujuan
  4. kapitulasi
  5. pengiriman
  6. penolakan
  7. pengajuan
  8. peredaan
  9. penghentian
  10. mengalah
  11. pelepasan
  12. mengalah
  13. menghasilkan
  14. keputusan
  15. memberikan jalan
  16. bendera putih


Contoh Kalimat kata Surrender

  1. Lina, reporter lama Mahkamah Agung untuk New York Times, menyatakan menyerah Kamis.
  2. Sastra Buddhis dan Hindu kaya dengan kisah-kisah para murid yang akhirnya belajar berserah diri dengan cara ini.
  3. Terdakwa tidak akan muncul di gedung pengadilan federal di Pittsburgh untuk menyerah kepada marshal federal.
  4. Salisbury, dengan massa di belakangnya, mengetuk pintu depan Juli Perry dan menuntutnya untuk menyerah.
  5. Mereka juga ingin Subway mengakhiri dugaan praktik pemberian label yang salah pada sandwich tunanya dan menyerahkan keuntungan yang diperolehnya dari praktik tersebut.


Demikian ulasan mengenai Pengertian Arti Surrender dan Contohnya Lengkap, semoga mudah kalian pahami dan bisa di jadikan sebagai bahan penambah wawasan ya. Semoga sukses

Posting Komentar untuk " Pengertian Arti Surrender dan Contohnya Lengkap"