Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Prakerin, Tujuan dan Manfaatnya Untuk Siswa

Pengertian Prakerin - Prakerin merupakan singkatan dari praktik kerja industri, yaitu program yang mengizinkan siswa atau mahasiswa untuk melakukan praktik di perusahaan atau industri dengan tujuan untuk mendapatkan pengalaman kerja dan pembelajaran di lapangan. Prakerin biasanya dilakukan selama beberapa bulan selama masa studi sebagai bagian dari kurikulum sekolah atau kampus. Tujuan dari prakerin adalah untuk mempersiapkan siswa atau mahasiswa untuk terjun ke dunia kerja setelah lulus dari sekolah atau kampus, serta untuk memperluas wawasan tentang dunia kerja dan mendapatkan pengalaman yang bermanfaat untuk mengembangkan karier di masa yang akan datang.

Landasan Hukum Prakerin

Landasan hukum prakerin adalah Kepmen Pendidikan dan Kebudayaan No.323/u/1997, serta UU No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Menurut Kepmen dan UU tersebut, pendidikan adalah usaha yang direncanakan untuk menciptakan suasana belajar yang memfasilitasi proses pembelajaran agar peserta didik dapat secara aktif mengembangkan potensi diri mereka, termasuk kekuatan spiritual, keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, dan keterampilan yang diperlukan untuk diri mereka sendiri, masyarakat, bangsa, dan negara. Sebagai bagian dari pendidikan, prakerin di SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) juga merupakan usaha yang terkait dengan penyelenggaraan pendidikan.

Tujuan Diadakannya Prakerin Untuk Siswa

1. Agar para siswa dapat menerapkan materi yang telah dipelajari di sekolah dengan baik ketika sudah terjun ke dunia industri atau dunia kerja yang sebenarnya. Selain materi, praktik juga sangat diperlukan di dunia kerja.

2. Membentuk pola pikir yang konstruktif bagi para siswa prakerin. Hal ini akan membantu mereka melihat peluang di masa depan. Pola pikir siswa dapat terbuka setelah memahami gambaran kasar tentang lingkungan kerja, yang dapat didapatkan melalui prakerin atau Praktik Kerja Industri.

3. Melatih siswa untuk berkomunikasi atau berinteraksi secara profesional di dunia kerja yang sebenarnya. Ini akan membantu mereka tidak merasa takut atau canggung lagi berkomunikasi secara profesional.

4. Membentuk etos kerja yang baik bagi para siswa prakerin. Hal ini akan membantu mereka menjadi lulusan yang berkualitas dan memiliki kemampuan yang dibutuhkan di dunia industri.

5. Menambah dan mengembangkan ilmu pengetahuan dasar yang dimiliki oleh para siswa prakerin sesuai dengan bidang masing-masing.

6. Menambah jenis keterampilan yang dimiliki oleh siswa, agar dapat dikembangkan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Prakerin dapat membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan mereka, yang sangat diperlukan di dunia industri.

7. Tujuan prakerin yang terakhir adalah menjalin kerjasama yang baik antara sekolah dengan dunia industri atau dunia usaha.

Manfaat Prakerin Untuk Siswa

Setelah mempelajari tentang tujuan praktik kerja industri, selanjutnya penting untuk mengetahui manfaat yang bisa diperoleh dari pelaksanaan praktik kerja industri tersebut. Meskipun siswa mengeluh karena penerapan praktik kerja industri tersebut, namun ada manfaat yang bisa dirasakan oleh para siswa jika mereka dengan maksimal melaksanakan praktik kerja industri ini.

1. Menambah Keterampilan

Manfaat praktik kerja industri yang pertama adalah dapat menambah keterampilan, pengetahuan, dan ide-ide tentang dunia usaha dan industri yang professional dan terpercaya. Pengetahuan dan keterampilan ini tentunya sangat berguna bagi siswa ketika sudah terjun ke dunia industri. Karena siswa sudah menguasai ide-ide tentang dunia industri melalui praktik kerja industri.

2. Membentuk Pola Pikir

Manfaat praktik kerja industri berikutnya adalah dapat membentuk pola pikir siswa agar terkonstruktif dan memberikan pengalaman dalam dunia industri dan dunia kerja. Pengalaman sangat dibutuhkan ketika memulai terjun ke dunia industri. Pengalaman tersebut bisa didapatkan dari mengikuti praktik kerja industri.

3. Mengenalkan Siswa Pada Pekerjaan Lapangan

Manfaat praktik kerja industri selanjutnya adalah mengenalkan siswa pada pekerjaan lapangan di dunia industri dan usaha sehingga ketika sudah terjun ke lapangan pekerjaan yang sesungguhnya, mereka dapat beradaptasi dengan cepat.

4. Menjalin Kerja Sama

Manfaat praktik kerja industri tidak hanya dirasakan oleh para siswa, tetapi juga oleh sekolah. Manfaat praktik kerja industri adalah dapat menciptakan kerja sama yang baik antara sekolah dan perusahaan terkait, baik dalam dunia usaha maupun dunia industri.

5. Mengasah Keterampilan

Manfaat praktik kerja industri berikutnya adalah dapat membantu mengasah keterampilan siswa yang diberikan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Keterampilan siswa dapat semakin terasah dengan mengikuti dan menjalani praktik kerja lapangan tersebut.

6. Menghasilkan Sumber Daya Manusia

Manfaat praktik kerja industri berikutnya adalah dapat menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki keahlian profesional, dengan keterampilan, pengetahuan, dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan zaman.

7. Mempersiapkan SDM Berkualitas

Manfaat praktik kerja industri berikutnya adalah dapat mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan di era teknologi informasi dan komunikasi terkini. Seiring dengan perkembangan zaman, tentunya dibutuhkan sumber daya manusia yang dapat mengikuti perkembangan tersebut. Oleh karena itu, para siswa diasah dan dibimbing agar dapat berkembang sesuai dengan kebutuhan di era teknologi.

8. Meningkatkan Efisiensi Waktu dan Tenaga

Manfaat praktik kerja industri berikutnya adalah dapat meningkatkan efisiensi waktu dan tenaga dalam mendidik dan melatih tenaga kerja yang berkualitas.

9. Memberikan Keuntungan Pihak Sekolah

Manfaat selanjutnya adalah memberikan keuntungan pada pihak sekolah dan siswa-siswi itu sendiri, karena keahlian yang tidak diajarkan di sekolah didapat di dunia usaha/industri.

10. Sebagai Bentuk Penghargaan

Manfaat praktik kerja industri berikutnya adalah sebagai bentuk pengakuan dan penghargaan bahwa pengalaman kerja merupakan bagian dari proses pendidikan. Selain materi, pengalaman kerja sangat dibutuhkan sebelum terjun ke lapangan.


Demikian ulasan mengenai Pengertian Prakerin, Tujuan dan Manfaatnya Untuk Siswa, yang sudah kami bahas secara lengkap, semoga bermanfaat dan mudah kalian pahami. Terima Kasih

Posting Komentar untuk " Pengertian Prakerin, Tujuan dan Manfaatnya Untuk Siswa"