Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Langkah Mudah Mengatasi Perut Kembung

3 Langkah Mudah Mengatasi Perut Kembung

Zeoiz.com - Perut kembung biasa terjadi karena banyaknya angin yang tersimpan di perut dan tidak di keluarkan tubuh, lambung dan usus kecil juga usus besar. Menurut ilmu akupuntur, perut yang kembung karena limpa dan lambung tidak bekerja secara maksimal atau mengalami gangguan, baik karena penyakit luar ataupun penyakit dalam.

Selain itu, perut yang kembung dapat disebabkan oleh ketidakcocokan dengan makanan yang dikonsumsi, bila sebab perut kamu kembung karena makanan sebaiknya kamu berhenti mengkonsumsi makanan tersebut. Bila perut yang kembung karena gas yang ada di perut cara mengobatinya dengan meminum air putih hangat. Kelebihan gas di dalam usus akan membuat perut menjadi kembung.

Cara membuang angin dari perut kembung biasanya dilakukan dengan cara buang angin ataupun dengan bersendawa. Nah, berikut ini 3 langkah mudah mengatasi perut yang kembung yaitu dengan:

1. Pilihlah makanan yang mudah untuk dicerna tubuh seperti kentang, beras, jeruk dan anggur. Hindari makanan yang mengandung gas (kol, kubis, brokoli, kacang polong dan lainnya). Ubah pola makan anda mulai dari sekarang.

2. Kenali makanan apa saja yang dapat membuat perut anda kembung dan makanan yang tidak membuat perut anda kembung. Karena reaksi tiap orang berbeda terhadap makanan yang di konsumsinya.

3. Hindari perut yang kembung dengan makan enam kali sehari dengan porsi yang kecil. Makan tiga kali sehari akan membuat perut lebih sulit untuk mencerna makanan dan membuat gas terperangkap di dalam tubuh.

Mengatasi perut kembung juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan tertentu, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi jahe yang seduh dengan air, tambah sedikit gula dan minum dalam keadaan hangat. Cara lainnya dengan menggunakan perasan jeruk nipis, kemudian ambil airnya, tambah dengan beberapa tetes minyak telon dan oleskan pada perut kamu.

Selain jeruk nipis bawang merah juga bisa digunakan untuk mengobati perut yang kembung. Parut bawang merah, campurkan dengan minyak kayu putih, kemudian tempelkan bawang merah yang sudah diparut pada bagian pusar.
Supriyanto
Supriyanto 'Impian hidup tidak perlu sempurna, cuma perlu dikerjakan.'

2 komentar untuk "3 Langkah Mudah Mengatasi Perut Kembung"