Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Pendidikan Menurut Beberapa Pendapat Ahli


Pengertian Pendidikan-Yuk simak, pada pertemuan kali ini mimin akan memberikan uraian mengenai Definisi Pendidikan Menurut Beberapa Pendapat Ahli. Definisi dari pendidikan adalah hal yang perlu kita ketahui, agar wawasan kita bertambah tentang pendidikan itu sendiri. Pendidikan merupakan hal yang banyak sekali menjadi permasalahan sekarang ini, jadi dengan mengetahui definisi dari pendidikan itu sendiri kita bisa mengetahui cara untuk mengatasi permasalahan dengan pendidikan.


1. Definisi pendidikan menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), Pendidikan berasal dari kata "didik" dan mendapat imbuhan "pe" dan akhiran "an" maka kata pendidikan mempunyai arti proses atau cara atau perbuatan mendidik. Pendidikan secara bahasa juga bisa di katakan proses perubahan tingkah laku/sikap seseorang/kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan yang sesuai dengan prosedur pendidikan itu sendiri. 

Kata pendidikan juga berasal dari bahasa Yunani kuno yaitu dari kata "Pedagogi" yang memiliki kata dasar "Paid" yang memiliki arti "anak" dan juga "Ogogos" memiliki arti "membimbing". Dari beberapa kata tersebut dapat dikatakan Pedagogi dalam bahasa Yunani memiliki arti ilmu yang mempelajari tentang seni mendidik anak.


2. Menurut UU No. 20 Tahun 2003 definisi dari pendidikan adalah sebuah usaha yang di lakukan secara sadar dan terencana untuk mewujudlan suasana belajar dan proses pembelajaran agar siswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan,membangun kepribadian,pengendalian diri,kecerdasan,akhlak mulia dan ketrampilan yang di perlukan dirinya masyarakat,bangsa dan negara.


Definisi Pendidikan menurut para ahli


  1. Ki Hajar Dewantara mendefinisikan "Pendidikan yaitu tuntunan didalam hidup tumbuhnya anak-anak, adapun maksdunya,pendidikan yaitu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat bisa mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya".
  2. Prof. Dr. M. J. Langeveld, mendefinisikan "Pendidikan ialah pemberian bimbingan dan bantuan rohani  bagi yang masih memerlukannya.
  3. Prof. Zaharai idris seorang ahli epsitimologi juga menyampaikan pendapatnya mengenai denfinisi "pendidikan adalah serangkaian kegiatan komunikasi yang bertujuan antara manusia dewasa dengan si anak secara tatap muka /menggunakan media dalam rangka memberikan bantuan terhadap perkembangan seutuhnya."
  4. Prof. Richy dalam buku Planing for Teaching and Introduction to Education, "The term education refers to the broad function of preserving and inproving the lif of the group through bringing new members into its shared concerns. Education is thus a far broader process thah that which accurs in schools. It is an essensial social activity by which communicaties continue to exist in complex communicaties thi function is speciallized and institutionalized in formal education, but there is always the education outside the school with wich the formal process in related, (12:498)". Artinya, Istilah pendidikan berkenaan dengan fungsi yang luas dari pemeliharaan dan perbaikan kehidupan suatu bangsa (masyarakat) terutama membawa warga masyarakat yang baru (generasi muda) bagi penunaian kewajiban dan tanggung jawabnya di dalam masyarakat. Jadi pendidikan adalah suatu proses yang lebih luas daripada proses yang berlangsung di dalam sekolah saja.


Nah dari beberapa definisi di atas bisa kita simpulkan bahwa pendidikan adalah proses melakukan pembinaan atau pertolongan dan juga bimbingan yang diberikan oleh orang dewasa atau guru sebagai tenaga pendidik kepada anak untuk mencapai sebuah kedewasaan dengan tujuan agar anak tersebut bisa melakukan tugas hidupnya sendiri secara mandiri dan tidak perlu banyak bergantung pada pertolongan orang lain.


Demikian pembahasan dan uraian dari kami mengenai Pengertian Pendidikan Menurut Beberapa Pendapat Ahli, semoga mudah di pahami oleh kalian. Terima kasih


Posting Komentar untuk " Pengertian Pendidikan Menurut Beberapa Pendapat Ahli"