Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Definisi Umum, Deskripsi Manfaat, Deskripsi Bagian dan Ciri-Cirinya

Pengertian Definisi Umum - Secara umum, definisi umum adalah penjelasan atau pengertian tentang suatu objek yang diberikan secara luas dan tidak terlalu spesifik. Deskripsi bagian adalah penjelasan tentang bagian-bagian dari suatu objek, sedangkan deskripsi manfaat adalah penjelasan tentang manfaat atau kegunaan dari suatu objek. Ketiga hal tersebut merupakan bagian dari teks laporan yang memiliki struktur yang terdiri dari definisi umum, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat. Dalam artikel ini, kita akan mempelajari tentang pengertian, cara membuat, dan contoh dari masing-masing bagian tersebut.

1. Pengertian Definisi Umum

Definisi umum adalah paragraf yang memberikan penjelasan rinci dan detil tentang objek yang diteliti. Untuk membuat definisi umum, kita bisa menjelaskan nama umum objek, memberikan sedikit penjabaran, dan memberikan imbuhan nama latin. Contoh definisi umum adalah seperti ini: "Teratai adalah tanaman yang hidup di lingkungan berair. Tanaman ini berasal dari keluarga nymphaceae. Dalam bahasa Inggris, tanaman ini biasa disebut sebagai lillywater.

Ciri-Ciri Definisi Umum 

Berikut adalah beberapa ciri-ciri dari definisi umum:

  1. Memberikan penjelasan rinci dan detil tentang objek yang diteliti
  2. Menjelaskan nama umum objek
  3. Memberikan penjabaran tentang objek tersebut
  4. Menyertakan imbuhan nama latin jika diperlukan
  5. Biasanya terdapat pada paragraf pertama dari sebuah teks laporan
  6. Berfungsi sebagai pengenalan tentang objek yang diteliti.


2. Pengertian Deskripsi Bagian

Deskripsi bagian adalah paragraf yang memberikan informasi tentang bagian-bagian dari objek yang sedang diteliti. Cara membuat deskripsi bagian yang baik adalah dengan menceritakan bagian-bagian objek tersebut dengan menggunakan kata-kata yang tepat. Sebelum membuat deskripsi bagian, pastikan kita telah memahami objek yang sedang diteliti dengan baik. Contoh deskripsi bagian adalah seperti ini: "Tumbuhan teratai sendiri terdiri dari akar, batang, daun, dan bunga.

Ciri - Ciri Deskripsi Bagian 

Berikut adalah beberapa ciri-ciri dari deskripsi bagian:

  1. Memberikan informasi tentang bagian-bagian dari objek yang diteliti
  2. Menggunakan kata-kata yang tepat untuk menjelaskan bagian-bagian objek
  3. Biasanya terdapat setelah definisi umum dalam sebuah teks laporan
  4. Berfungsi untuk memberikan gambaran tentang bagaimana objek tersebut terdiri dari berbagai bagian yang saling terkait
  5. Dapat menggunakan gambar atau ilustrasi untuk membantu memberikan informasi tentang bagian-bagian objek.


3. Pengertian Deskripsi Manfaat

Deskripsi manfaat adalah paragraf yang menjelaskan manfaat atau kegunaan dari objek yang diteliti. Cara membuat deskripsi manfaat yang baik adalah dengan menyusun strukturnya dengan urutan dari manfaat yang paling kecil hingga yang paling besar. Contoh deskripsi manfaat adalah seperti ini: "Selain berguna sebagai bahan baku pembuatan keju, susu juga dapat diminum langsung untuk melancarkan pencernaan karena didalamnya terkandung bakteri yang baik untuk pencernaan manusia. Tidak hanya itu, susu juga tinggi akan kalsium yang berguna untuk proses perkembangan tulang."

Ciri-Ciri Deskripsi Manfaat

Berikut adalah beberapa ciri-ciri dari deskripsi manfaat:

  1. Memberikan informasi tentang manfaat atau kegunaan dari objek yang diteliti
  2. Menyusun struktur deskripsi manfaat dengan urutan dari manfaat yang paling kecil hingga yang paling besar
  3. Biasanya terdapat setelah deskripsi bagian dalam sebuah teks laporan
  4. Berfungsi untuk memberikan gambaran tentang bagaimana objek tersebut bermanfaat bagi orang yang menggunakannya atau bagi masyarakat secara umum
  5. Dapat menggunakan contoh atau ilustrasi untuk membantu memberikan informasi tentang manfaat objek tersebut.


Contoh Definisi Umum, Deskripsi Bagian dan Deskripsi Manfaat


1. Contoh Definisi Umum

Cocos nucifera, atau yang lebih dikenal sebagai pohon kelapa (pohon nyiur), adalah tanaman tunggal dari keluarga cocos yang berasal dari keluarga arecaceae. Pohon ini mampu tumbuh hingga mencapai tinggi 31 meter dengan diameter batang yang tidak terlalu besar. Kelapa sendiri merupakan nama untuk buah yang dihasilkan dari pohon ini. Tumbuhan ini disebut sebagai tumbuhan seribu manfaat karena banyak dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Selain itu, yang menjadi nilai lebih dari tumbuhan ini adalah tunasnya yang dijadikan sebagai lambang pramuka Indonesia. Tumbuhan ini diperkirakan berasal dari Asia dan pesisir Samudera Hindia.

2. Contoh Deskripsi Bagian

Tumbuhan ini terdiri dari buah (kelapa), batang, akar, dan pelepah. Buah tumbuhan ini (kelapa) sendiri terdiri dari daging buah, kulit daging, tempurung buah, sabut, dan kulir luar kelapa, selain itu kelapa juga mengandung air di tengah buahnya. Pohon ini dapat dengan mudah ditemukan di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia.

3. Contoh Deskripsi Manfaat

Kelapa disebut sebagai tumbuhan seribu manfaat bukan tanpa alasan. Hal ini disebabkan karena seluruh bagian tumbuhan ini dapat dimanfaatkan mulai dari batang hingga pelepahnya. Buah kelapa sendiri diteliti dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti luka bernanah, kolera, disentri, TBC, hingga waasir. Selain itu, air serta daging buah kelapa juga baik untuk pencernaan sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengobati keracunan. Batang pohonnya dapat digunakan sebagai bahan bangunan, pelepahnya dapat dimanfaatkan untuk membuat janur, kulit ketupat, maupun dibakar ketika kering, lidinya pun juga dapat dimanfaatkan untuk membuat sapu.


Demikian ulasan megenai Pengertian Definisi Umum, Deskripsi Manfaat, Deskripsi Bagian dan Ciri-Cirinya yang bisa bermanfaat buat kalian dan semoga mudah kalian pahami serta mudah kalian mengerti isinya. Terima kasih

Posting Komentar untuk " Pengertian Definisi Umum, Deskripsi Manfaat, Deskripsi Bagian dan Ciri-Cirinya"